Iklan dempo dalam berita

Ribuan Pengikut Negara Islam Indonesia Ada di Al-Zaytun? Baru 280 Sudah Ikrar Setia NKRI

Ribuan Pengikut Negara Islam Indonesia Ada di Al-Zaytun? Baru 280 Sudah Ikrar Setia NKRI

Ponpes Al Zaytun yang banyak menjadi sorotan masyarakat--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Benar-benar tidak disangka. Ada sebanyak 280 pengikut Negara Islam Indonesia (NII) Komandemen Wilayah (KW) 9 dan 7 di lingkungan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun telah menyatakan ikrar kembali setia kepada NKRI. 

Sedangkan ribuan anggota NII lainnya masih didata dan diduga masih ada. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jawa Barat, Iip Hidajat menegaskan, ratusan anggota NII sudah mencabut baiat mereka di hadapan Gubernur Jabar periode 2018-2023 Ridwan Kamil, Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin dan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman. 

“Oleh Pak Gubernur (Ridwan Kamil) kan waktu itu 31 orang. Kemudian ditindaklanjuti oleh Kodam Siliwangi di hadapan KSAD kemarin (249). Tapi ada potensi bisa nambah lagi,” kata Iip kepada wartawan.

BACA JUGA:Jika Teliti, 100 Hari Sebelum Kematian, Tubuh dan Perilaku Manusia Sudah Menunjukkan Tanda

Mereka yang kembali ke pangkuan NKRI merupakan pengikut pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang. Hal itu diungkap oleh Iip Hidajat. Mereka yang mencabut baiat dulunya merupakan panglima, bupati, kepala dinas hingga kepala desa versi NII.

Iip menambahkan, jumlah mantan pengikut NII yang berencana kembali berikrar setia ke NKRI berpotensi bertambah karena Panji Gumilang kini sedang terjerat kasus dugaan pidana. Setelah itu, rencananya bakal ada pembinaan yang diberikan terhadap santri Ponpes Al-Zaytun dari Kementerian Agama (Kemenag).

“Kemungkinan setelah putusan nanti, kan nanti ada proses pembinaan pendidikannya, mitigasinya oleh Kemenag. Tugas kita di pemerintah daerah menjaga kondusifitas," ucap Iip.

Berdasarkan informasi yang ia terima, ratusan mantan pengikut NII tersebut ada yang berlatarbelakang santri maupun alumni Ponpes Al-Zaytun. Diperkirakan, ada sekitar 5 ribuan pengikut NII yang saat ini sedang didata keberadaannya untuk diajak berikrar setia kembali kepada Indonesia.

BACA JUGA:Mau Beli Mobil Second Khawatir Bekas Banjir, Begini Cara Mudah Memastikannya

“Kemungkinan (jumlah antek NII) itu ribuan, tapi harus dikonfirmasi lagi. Apakah mereka semuanya di Jabar atau ada di luar seperti Banten sampai ke DKI. Nah ini yang sedang didata sama Kodam melalui Danramil dan Babinsa-nya supaya pendataannya lebih cepet," pungkasnya.

NII KW9 dan 7 di Ponpes Al-Zaytun tergolong banyak. Bahkan, Iip mengatakan, berdasarkan pengakuan dari anggota yang telah mencabut baiat, NII di Al-Zaytun bisa mencapai ribuan. Namun, Iip memastikan hal itu harus dikonfirmasi terlebih dahulu.

“Kemungkinan (jumlah antek NII) itu ribuan, tapi harus dikonfirmasi lagi. Apakah mereka semuanya di Jabar atau ada di luar seperti Banten sampai ke DKI," katanya.

Iip menambahkan, seluruh informasi anggota NII KW9 dan 7 yang masih ada di Al-Zaytun masih dalam tahap penyelidikan. Data ini dikatakannya akan dikoordinasikan dengan pemangku kebijakan terkait.

"Sedang didata sama Kodam melalui Danramil dan Babinsa-nya supaya pendatannya lebih cepet," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: