Iklan RBTV Dalam Berita

5 Kota di Indonesia Ini Usianya Sudah Ribuan Tahun, Juaranya Ternyata Tetangga Bengkulu dan Padang

5 Kota di Indonesia Ini Usianya Sudah Ribuan Tahun, Juaranya Ternyata Tetangga Bengkulu dan Padang

Banda Aceh salah satu kota tertua di Indonesia--

Kitab suci umat Islam yakni Al-Qur'an dalam bentuk buku dan digital tentu sudah tidak asing bagi masyarakat. Namun di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) ada Al-Qur'an yang dibuat dari kayu tembesu berukuran raksasa.

Al-Qur'an raksasa yang dibuat Ustaz Kgs Syofwatillah Mohzaib sejak tahun 2002 dan rampung pada tahun 2009 itu, kini menjadi salah satu pilihan wisatawan jika berkunjung ke Kota Pempek.

“Al-Qur'an raksasa ini dulunya diresmikan oleh Pak Presiden SBY (Susilo Bambang Yuduyono) dan disaksikan oleh 51 anggota parlemen Negara Islam sedunia," kata Syarkoni, pemandu sekaligus pengurus di lokasi tersebut.

Al-Qur'an yang telah dinobatkan sebagai Al-Qur'an raksasa terbesar di dunia itu terdiri dari 315 lembar papan ukiran ayat-ayat suci. Uniknya, kitab suci berbahan kayu tembesu itu juga bisa dibolak-balik.

Ukiran kitab suci ini terdiri dari 630 halaman. Setiap halaman memiliki tinggi 177 cm, lebar 140 cm dan ketebalan 2,5 cm. Termasuk sampul tebal keseluruhannya mencapai 9 meter.

5. Sungai Musi Terpanjang Kedua di Sumatera

Sungai Musi adalah sungai yang memiliki panjang 750 kilometer. Hulu sungainya berada di Pegunungan Bukit Barisan, Kabupaten Rejang Lebong yang kemudian alirannya bermuara ke Selat Bangka, Kabupaten Banyuasin.

Dilansir laman unsri.ac.id, lebar Sungai Musi bervariasi. Lebar rata-rata Sungai Musi adalah 504 meter. Yang terlebar berada di sekitar Pulau Kemaro, Palembang dengan 1.350 meter.

BACA JUGA:Gus Baha Bicara Soal Kiamat, Katanya jika Tiga Hewan Ini Masih Ada, Kiamat Belum akan Terjadi

Sungai Musi adalah sungai terpanjang kedua di Pulau Sumatera setelah Sungai Batanghari. Sungai ini sangat fenomenal dan memiliki sejarah, baik terkait namanya, maupun perannya bagi masyarakat sejak era kerajaan Sriwijaya.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: