Iklan dempo dalam berita

Lokasi Tambang Emas Seluma 30.010 Hektare, Investor PT. ESDM Turunkan Tim Survey Jalan

Lokasi Tambang Emas Seluma 30.010 Hektare, Investor PT. ESDM Turunkan Tim Survey Jalan

Potensi emas di Kabupaten Seluma--

SELUMA, RBTVCAMKOHA.COM – Kabar terbaru soal wilayah di Kabupaten Seluma Bengkulu yang disebut menyimpan potensi emas cukup besar. Seiring adanya penurunan status kawasan hutan lindung (HL) menjadi hutan areal penggunaan lain (APL), saat ini sedang ditindaklanjuti PT. Energi Swa Dinamika Muda (ESDM) untuk menyelesaikan proses analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal).

Keseriusan investor PT. ESDM dalam menyelesaikan Amdal, dikarenakan adanya perubahan sistem penambangan dari teknik underground, menjadi terbuka atau open pit mining.

Hal ini diungkapkan mantan Kadis ESDM Kabupaten Seluma, Ridwan Sabrin yang kini menjabat sebagai Asisten III Sekretariat Pemkab Seluma.

Menurutnya, tim survey dari PT. ESDM sedang melakukan survey jalan jalur darat sejak awal September 2023, melalui Desa Kemang Manis Kecamatan Semidang Alas.

BACA JUGA:Seluruh Manusia Masuk Surga Walaupun Harus Melalui Neraka? Begini Penjelasan Hadistnya

“Iya, karena ada perubahan teknik penambangan underground menjadi terbuka atau open fit mining, saat ini pihak PT. ESDM sedang melakukan survey akses jalan yang mudah dijangkau melalui jalur darat, dari Desa Kemang Manis Kecamatan Semidang Alas menuju lokasi terdekat sejak awal bulan September lalu," terang Ridwan Sabrin.

Lanjutnya, untuk luasan wilayah lokasi tambang emas PT. ESDM ini mencapai 30.010 hektare. Proses penyelidikan awal, dimulai sejak tahun 2008 ketika mendapatkan izin pencadangan wilayah dari Bupati Seluma saat itu. 

Kemudian di tahun 2010 mendapatkan izin pertambangan eksplorasi dari Bupati Seluma. “Sejak adanya perubahan nomenklatur 2017, proses izin diambil alih oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK)", pungkas Ridwan.

BACA JUGA:Warga Harus Tahu, Ini 10 Dampak El Nino Bagi Kesehatan, Nomor 9 Menakutkan

Ini 7 Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia

Sementara itu, Indonesia memiliki tujuh daerah penghasil emas yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Dan wilayah Provinsi Bengkulu tepatnya di HL Bukit Sanggul Kabupaten Seluma pernah disurvei salah satu perusahaan, dan diinformasikan kalau memiliki potensi emas dan perak yang cukup besar.

Perlu diketahui, Indonesia termasuk salah satu negara penghasil emas terbanyak di dunia, yaitu urutan ketiga se Asia. Bahkan dalam setahun Indonesia diperkirakan bisa memproduksi hingga 48 ton emas. 

Indonesia juga menjadi penyumbang 5,8 persen cadangan emas dunia. Pada tahun 2022, Indonesia sudah memproduksi emas sebanyak 100,9 ton. Lantas di mana saja daerah penghasil emas terbanyak di Indonesia itu, apakah potensi emas di Provinsi Bengkulu termasuk?

1. Martabe, Sumatera Utara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: