Iklan dempo dalam berita

Potensi Listrik Sumatera, PLTP Hululais Bengkulu Sudah Gali 23 Sumur, Anggaran Trilunan Rupiah

Potensi Listrik Sumatera, PLTP Hululais Bengkulu Sudah Gali 23 Sumur, Anggaran Trilunan Rupiah

Triliunan rupiah digelontorkan untuk proyek energi panas bumi hululais--

“Saat ini saja PLTP Hululais sudah sangat sering membantu Pemda dalam hal pemberdayaan masyarakat, logistik, ataupun bantuan ketika ada bencana alam, tentu jika sudah beroperasi nanti akan lebih banyak manfaat yang dirasakan masyarakat," kata Erik.

Gubernur Apresiasi

Terpisah, Gubernur Bengkulu Dr. Rohidin Mersyah mengapresiasi kinerja PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) dalam memanfaatkan potensi panas bumi di wilayah Hululais sebagai sumber energi. 

Diketahui, saat ini PGE telah menyelesaikan kegiatan infrastruktur, pemboran sumur, dan kajian teknis untuk fasilitas produksi unit 1 dan 2 dengan ketersediaan uap 110 MW di proyek Hululais.

Hal ini disampaikan saat PGE melakukan kunjungan ke kantor Gubernur Bengkulu untuk membahas potensi panas bumi di wilayah Hululais. Dalam pertemuan itu, PGE disambut pejabat Pemprov Bengkulu yang lain.

“Kami sangat mengapresiasi langkah yang diambil PGE dalam mengutilisasi sumber daya panas bumi di Bengkulu. Kami harap ke depannya, sinergi yang dibangun ini akan bermanfaat bagi pembangunan dan kesejahteraan di Provinsi Bengkulu," ungkapnya.

Diketahui PGE menargetkan untuk meningkatkan kapasitas terpasang yang dikelola secara langsung menjadi 1 gigawatt (GW) dari 672 megawatt (MW) kapasitas terpasang. Target tersebut diharapkan dapat tercapai dalam rentang waktu dua tahun.

Untuk mencapai target tersebut, PGE akan menambah 340 MW dalam dua tahun mendatang. Penambahan 340 MW akan didapatkan dari proyek yang siap dieksekusi,seperti Hululais (Unit 1 dan 2) sebesar 110 MW, Lumut Balai (Unit 2) sebesar 55 MW, serta optimalisasi teknologi co-generation di area-area existing seperti Hululais, Lumut Balai, Ulubelu, dan Lahendong.

Direktur Utama PGE Julfi Hadi pun menyatakan penambahan kapasitas terpasang pada proyek Hululais ini telah disiapkan secara matang.

BACA JUGA:Banyak Nama Samaran, Licin dan Teliti, Sosok Ini Disebut Pimpinan Operasi G30S PKI Sesungguhnya

“Penambahan kapasitas terpasang sebesar 60 MW ini dihasilkan dari pengoptimalisasian teknologi Co-generation di Hululais dalam 2 tahun mendatang," kata dia. (Robi Ardiansyah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: