Iklan dempo dalam berita

Cerita Tragis G30S PKI, Sang Adik Letjen S Parman Dibunuh PKI dan Sang Kakak Sakirman Ditembak Militer

Cerita Tragis G30S PKI, Sang Adik Letjen S Parman Dibunuh PKI dan Sang Kakak Sakirman Ditembak Militer

Letjen S. Parman, salah satu jenderal yang menjadi korban G30S/PKI--

John Roosa dalam Dalih Pembunuhan Massal (2008) mencatat: “Adanya Sakirman di dalam politibiro akan merupakan kendala bagi Aidit untuk mendiskusikan rencana G30S secara rinci […] Salah satu sasaran penting G30S ialah adik Sakirman, Jenderal Parman, Kepala Intelijen Angkatan Darat.” 

Orang-orang PKI seolah sudah mencium gelagat bahwa partainya sudah tersusupi. Di sisi lain, Parman mengaku kepada seorang perwira militer Amerika Serikat bahwa ia sudah menyusupi tubuh PKI. Parman juga mengaku, "dapat mengetahui setiap keputusan yang diambil dalam sidang-sidang terpenting mereka dalam hitungan jam.” 

Setelah G30S, Parman adik Sakirman diketahui terbunuh dalam penculikan yang dipimpin Letnan Kolonel Untung. Mayatnya diketemukan di Lubang Buaya. Setelah 5 Oktober 1965, hari pemakaman adiknya, Sakirman termasuk ke dalam daftar sasaran penangkapan. 

BACA JUGA:Dana Insentif Kartu Prakerja Sudah Cair, Begini Cara Mencairkan via Bank atau E-Wallet

Untuk kedua kalinya, lebih parah ketimbang pasca-1948, dia harus menyembunyikan diri. Sakirman akhirnya ditangkap waktu bersembunyi di rumah seorang fotografer Cina di Solo pada bulan Oktober yang lalu dan ditembak oleh militer waktu mencoba melarikan diri,” catat Rosihan Anwar dalam Indonesia, 1966-1983: 

Sang Adik S Parman

Siswondo Parman atau yang akrab disapa S. Parman, merupakan seorang tokoh militer Indonesia yang telah berjuang untuk negaranya hingga titik darah penghabisan. Namun, nasib tragis menimpanya ketika ia menjadi korban dalam peristiwa Gerakan 30 September 1965 (G30S) yang terkenal sebagai salah satu peristiwa paling kelam dalam sejarah Indonesia.

S. Parman bukanlah sosok yang asing di dunia militer Indonesia. Ia memiliki karier yang cemerlang di Angkatan Darat, dan pernah menjadi Kepala Staf Gubernur pada Markas Besar Angkatan Darat. Namun, di balik prestasinya yang gemilang, S. Parman juga memiliki latar belakang keluarga yang cukup menarik.

BACA JUGA:Dana Desa Diselewengkan? Ini 4 Cara Melaporkannya ke Jaksa, Polisi dan Inspektorat

Kakaknya, Sukirman, adalah seorang petinggi Partai Komunis Indonesia (PKI), yang pernah terlibat dalam pemberontakan PKI di Madiun pada September 1948 dan ditahan. Hal ini menimbulkan dugaan bahwa S. Parman mengetahui rencana penculikan para jenderal pada peristiwa G30S melalui kakaknya yang terafiliasi dengan PKI.

Namun, S. Parman justru menolak ideologi komunis yang diusung oleh kakaknya. Ia memilih untuk mengabdi di militer dan berjuang untuk negaranya, meskipun ia juga memiliki latar belakang keluarga yang terafiliasi dengan PKI.

Pada tahun 1962, pengaruh PKI semakin meluas, dan PKI mengusulkan pembentukan Angkatan Kelima dari buruh dan tani yang dipersenjatai. Namun, S. Parman menolak ide ini dan masuk dalam daftar nama pejabat Angkatan Darat yang akan dilenyapkan pada aksi G30S. Hal ini menunjukkan bahwa S. Parman merupakan sosok yang konsisten dengan keyakinannya dan teguh pada prinsip-prinsipnya.

S. Parman merupakan sosok yang pantang menyerah dan selalu berjuang untuk negaranya. Ia pernah berperan dalam penumpasan pemberontakan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA), dan berhasil naik pangkat menjadi Letnan Kolonel. Namun, nasib tragis menimpanya ketika ia menjadi korban dalam peristiwa G30S yang mengguncang Indonesia.

BACA JUGA:Ini Masjid Pertama Umat Islam, Pembangunannya Dibantu Malaikat Jibril

Meskipun telah tiada, S. Parman tetap diingat sebagai seorang patriot yang teguh pada prinsip-prinsipnya dan selalu berjuang untuk negaranya hingga titik darah penghabisan. Kita patut menghormati dan mengenang jasa-jasanya dalam memperjuangkan kemerdekaan dan kebebasan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: