Iklan dempo dalam berita

5 Hektare Lahan Gambut di Seluma Terbakar, PBK Kota Bengkulu Bantu Turun Ke Seluma

5 Hektare Lahan Gambut di Seluma Terbakar, PBK Kota Bengkulu  Bantu Turun Ke Seluma

--

Kades Jenggalu Jhon Midarling mengatakan sedikitnya 5 hektare lahan gambut di areal perkebunan kelapa sawit yang telah terbakar. Namun tidak menutup kemungkinan bakal meluas jika angin menghembus kencang.

 

"Masyarakat kami tadi bersama petugas Damkar dari Kota Bengkulu dan Seluma turun membantu memadamkan api, luas kebakaran lahan gambut tadi sekitar 5 hektare, mungkin bisa meluas lagi kalau angin kencang," tutur Jhon Midarling.

 

Lanjutnya, hingga Kamis malam kepulan asap dari lahan gambut yang telah tersiram air masih berasap, karena kemungkinan besar api dari dalam tanah belum padam sempurna.

 

BACA JUGA:Sepeda Motor 'Tak Bertuan' Ditinggal di Jembatan Lubuk Kebur, Kini Diamankan Polsek Seluma

 

"Mudah-mudahan kemarau segera berakhir, dan malam ini turun hujan, supaya air dapat meresap sampai ke dalam tanah gambut," pungkasnya.

 

Sementara itu, sebelumnya kebakaran lahan gambut di areal perkebunan kelapa sawit juga terjadi di Desa Sidoluhur Kecamatan Sukaraja, pada Senin malam lalu (3/10).

Proses pemadaman api hingga total, tak hanya disiram dengan air, namun warga mencangkuli tanah gambut yang masih berasap dan berpotensi memantik bibit api sebelum meluas.

 

(Hari Adiyono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: