Iklan RBTV Dalam Berita

8 Rekomendasi Makanan agar Anak Tumbuh Cerdas, Termasuk Bumbu Dapur Warna Kuning

8 Rekomendasi Makanan agar Anak Tumbuh Cerdas, Termasuk Bumbu Dapur Warna Kuning

8 rekomendasi makanan agar anak tumbuh cerdas--

 

3. Sayuran Hijau Gelap

Sayuran berwarna hijau juga termasuk dalam daftar pilihan makanan yang dapat mendukung fungsi kognitif anak agar si Kecil bisa belajar lebih optimal. Kenapa demikian? 

Sayuran berwarna hijau, seperti bayam, brokoli, pakchoy, sawi hijau, kangkung, merupakan sumber terbaik zat besi dan asam folat. Melansir dari laman UCLA Health, asam folat dibutuhkan untuk perkembangan fungsi kognitifnya. 

Sementara itu, zat besi berperan penting untuk perkembangan dan pertumbuhan hippocampus, yakni bagian dari otak yang bertanggung jawab dalam pembelajaran dan mengingat informasi baru.

Selain menambah sayuran hijau dalam menu makanan anak sehari-hari, tak ada salahnya orang tua mengolah bahan makanan ini sebagai minuman smoothies agar ia tidak bosan. Namun, ingat untuk selalu mencuci sayur-sayuran sampai bersih sebelum diolah dan dikonsumsi.

BACA JUGA:Para Wali Murid Buruan Cek Kartu KIP Anak, Bulan Ini Bantuan Uang Hingga Rp1 Juta Dicairkan Pemerintah

 

4. Hati Sapi dan Ayam

Kandungan zat besi di dalam kedua jenis bahan makanan ini sangat penting untuk menghasilkan sel darah merah. Sel darah merah sendiri bertugas mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, termasuk otak.

Ketika otak kekurangan oksigen, otak tidak bisa berfungsi optimal untuk menjalankan keterampilan kognitifnya, seperti belajar serta menangkap dan mengingat informasi. 

Oleh karena itu, sangat penting bagi si Kecil mendapatkan menu makanan yang kaya akan sumber zat besi seperti yang berasal dari hati sapi, hati ayam, dan daging tanpa lemak. 

 

5. Kacang-kacangan 

Kacang-kacangan, termasuk di antaranya kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, dan kacang kedelai merupakan alternatif makanan nabati lainnya yang bermanfaat untuk perkembangan otak si Kecil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: