Iklan dempo dalam berita

Berapa kali Batas Aman Menggunakan Minyak Goreng? Simak juga Cara Sehat Menyimpan Minyak Goreng Bekas Pakai

Berapa kali Batas Aman Menggunakan Minyak Goreng? Simak juga Cara Sehat Menyimpan Minyak Goreng Bekas Pakai

Batas aman menggunakan minyak goreng--

Sajian kompleks yang dimaksud di sini seperti saat menggoreng ayam tepung atau sajian yang berlapis tepung roti. Selain itu, minyak goreng akan lebih cepat rusak ketika kamu menggoreng bahan makanan yang kaya akan lemak. 

BACA JUGA:Hanya Pakai Bahan Ini, Sekali Guyur Karat dan Lumut Toren Air Langsung Kinclong

Sebab, bahan makanan kaya akan lemak bisa menambah jumlah lemak jahat dibandingkan bahan makanan rendah lemak, seperti sayur. Terakhir, minyak goreng bekas bisa lebih cepat rusak karena cara penyimpanan yang salah. 

Penting juga diketahui minyak goreng yang disimpan di tempat yang terlalu lembap, terlalu panas, dan terlalu banyak cahaya bisa membuatnya cepat rusak.

Cara Sehat Simpan Minyak Goreng Bekas

Untuk bisa digunakan beberapa kali, Anda harus melakukan penyimpanan minyak goreng yang baik dan benar agar tidak mengubah senyawa pada minyak yang bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Hindari menggunakan minyak goreng bekas pada makanan yang bercita rasa beda. Seperti gunakan minyak goreng bekas menggoreng ayam untuk menggoreng lauk pauk lainnya yang juga bercita rasa gurih.

Minyak goreng yang sudah digunakan untuk mengolah sajian masih bisa digunakan hingga 2-3 kali asal minyak bisa disimpan dengan cara yang benar yang akan dibahas di bawah ini.

BACA JUGA:Idap Anemia Aplastik, Remaja Putri Butuh Bantuan Operasi Pencangkokan Sumsum Tulang Belakang

1. Dinginkan hingga Suhu Ruang

Jika sudah memakai minyak untuk menggoreng, diamkan terlebih dahulu minyak hingga suhunya menjadi suhu ruang. Hindari langsung menuangkan minyak pada wadah penyimpanan. Minyak yang sudah ada pada suhu dingin akan lebih aman untuk disimpan kembali.

2. Saring Minyak Bekas Pakai

Sebelum menyimpannya, jangan lupa untuk menyaring minyak bekas pakai agar terpisah dari residu atau ampas bekas makanan yang bisa mengendap di dalam minyak goreng. Gunakan saringan yang memiliki lubang kecil untuk menyaring minyak.

Dengan menyaring terlebih dahulu minyak yang sudah dipakai dapat membuat minyak goreng menjadi lebih bersih.

BACA JUGA:Harganya Semakin Mahal, Begini Cara Merawat Ban Mobil agar Lebih Awet dan Tahan Lama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: