Iklan dempo dalam berita

5 Perbuatan yang Bisa Mendatangkan Siksa Kubur, Termasuk Perkara Buang Air

5 Perbuatan yang Bisa Mendatangkan Siksa Kubur, Termasuk Perkara Buang Air

5 perbuatan yang bisa mengundang siksa kubur--

Tidak menolong orang yang teraniaya ketika mengetahuinya juga termasuk dalam perkara penyebab siksa kubur. Hal ini didasarkan dari salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas'ud RA yang mengutip sabda Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW mengisahkan, ada seorang hamba Allah SWT yang dihukum cambuk sebanyak 100 kali di dalam kuburnya. Ketika hamba tersebut meminta untuk diringankan menjadi satu kali cambukkan, justru yang ada kuburannya dipenuhi oleh api.

"Ia pun bertanya, 'Dosa apa yang membuatmu mencambukku?' Mereka menjawab, 'Sesungguhnya kamu melakukan sholat tetapi tanpa bersuci dan kamu melewati orang yang teraniaya, tetapi kamu tidak menolongnya,' (HR Imam Thahawi).

5. Ghulul

Terakhir, perkara yang menjadi penyebab siksa kubur adalah ghulul. Ghulul bermakna mencuri barang ghanimah atau harta rampasan perang sebelum dibagikan.

Keterangan ini berlandaskan dari riwayat Abu Hurairah RA. Saat itu, terjadi Perang Khaibar yang melibatkan sebagian sahabat Rasulullah SAW.

BACA JUGA:Karomah Waliyullah Habib Ja’far yang Nyeleneh, Bisa Dengar Siksa Kubur dan Buang Uang ke Lautan

Namun, ada salah satu Fulan yang mencuri harta rampasan perang lalu meninggal di tengah perang. Ia mencuri sebuah kain wol dari harta rampasan perang tersebut. Lalu, Rasulullah SAW bersabda,

"Demi Zat yang jiwaku berada di tanganNya, sesungguhnya kain yang didapat pada Perang Khaibar itu termasuk harta rampasan perang yang belum dibagi, kain tersebut akan menjadi api baginya," (HR Bukhari dan Muslim).

 

Tim liputan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: