Iklan dempo dalam berita

Ingat, Ketika Usia 40 Tahun Allah SWT Perintahkan Manusia Fokus Kerjakan Hal Berikut

Ingat, Ketika Usia 40 Tahun Allah SWT Perintahkan Manusia Fokus Kerjakan Hal Berikut

Ingat, Ketika Usia 40 Tahun Allah SWT Perintahkan Manusia Fokus Kerjakan Hal Berikut--

Jika membaca al-Qur’an, ayat di atas, ada usia manusia yang secara eksplisit disebutkan terkait dengan perkembangan kedewasaan seseorang. Usia itu adalah 40 tahun.  Kita renungkan maknanya ketika Allah berfirman tentang usia 40 tahun dalam surat Al-Ahqoof ayat 15.

Rasulullah Muhammad SAW menjadi Nabi pada usia 40 tahun. Kebanyakan para nabi diutus juga di usia 40 tahun. Ibnu Abbas berkata:

مَنْ أَتَى عَلَيْهُ أَرْبَعُونَ سَنَةً ثُمَّ لَمْ يَغْلِبْ خَيْرُهُ شَرَّهُ فَلَِيََتَهَّزْ شَرَّهُ فَلِيََتَهَّزْ

Barang siapa yang telah mencapai usia 40 tahun dan kebaikannya tidak mendominasi keburukannya dia maka bersiaplah menuju neraka.

BACA JUGA:Waka II Diberhentikan, Sedihandi dan Akhiruddin Arifin Dilantik Jadi Anggota DPRD Seluma

Imam Qurthubi menyatakan bahwa orang yang telah mencapai 40 tahun, maka ia telah mengetahui besarnya nikmat Allah yang dianugerahkan padanya dan pada kedua orangtuanya, sehingga ia terus mensyukurinya.

Imam Assyaukani berpendapat seseorang hamba yang telah mencapai umur 40 tahun dianjurkan berdoa dengan doa di surat al-Ahqaf ayat 15.

Muhammad ibnu Amr ibnu Usman meriwayatkan dari Usman ra, dari Nabi SAW berkata: Seorang hamba yang muslim apabila usianya mencapai 40 tahun, Allah meringankan hisabnya. 

BACA JUGA:Fitri di Mana Kamu Sekarang? Pulanglah ke Rumah, Mustofa Terus Menanti

Apabila usianya mencapai 60 tahun, Allah memberinya rezeki inabah (kembali ke jalanNya). Apabila usianya mencapai 70 tahun, penduduk langit menyukainya. Apabila usianya mencapai 80 tahun, Allah swt menetapkan kebaikan-kebaikannya dan menghapuskan keburukan-keburukannya. Apabila mencapai 90 tahun, Allah mengampuni semua dosanya yang terdahulu dan yang akan datang, dan mengizinkannya untuk memberi syafaat buat ahli baitnya dan dicatatkan  di langit, bahwa dia adalah tawanan Allah di bumi-Nya.

BACA JUGA:Balita Stunting di Bengkulu Capai 19,8 Persen, Pernikahan Dini Jadi Faktor, Tertinggi Di Kabupaten Kepahiang

Hadis ini telah diriwayatkan pula melalui jalur lain yaitu di dalam kitab Musnad Imam Ahmad.

Demikian mengenai usia 40 tahun. Semoga bermanfaat. (Tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: