Iklan dempo dalam berita

Fenomena Ribuan Ikan Teri Naik ke Darat Apakah Pertanda Buruk? Ini Penjelasannya

Fenomena Ribuan Ikan Teri Naik ke Darat Apakah Pertanda Buruk? Ini Penjelasannya

Penjelasan ikan teri yang naik ke tepi pantai--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA. COM – Fenomena tak biasa, yakni ribuan ikan teri naik ke pinggir pantai di Kabupaten Seluma menghebohkan. Satu sisi ini menguntungkan warga sekitar, karena tinggal mengambil ikan, baik untuk dimasak atau dijual.

Namun karena ini jarang terjadi tetap ada yang was-was, apakah pertanda baik atau sebaliknya. 

Penelusuran rbtv.disway.id, fenomena ikan naik ke daratan ini tak hanya terjadi di Pantai Ilir Talo Seluma. Sebelumnya terjadi di wilayah Pantai Lampung Selatan. Jenis ikan yang naik ke daratan juga sama, yakni jenis tanjak. 

BACA JUGA:Produk Tandon Merek Ini Populer Sampai ke Pelosok Negeri, Ternyata Ini Sosok Pria Dibalik Kepopulerannya

Menurut Badan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Maritim Lampung, seperti dirilis dari beberapa laman, fenomena ikan teri naik ke daratan itu terjadi karena banyak faktor, salah satunya karena gelap bulan.

“Biasanya karena gelap bulan, ikan lebih senang menghampiri sumber cahaya yang terdapat di pinggir atau dermaga," kata Ahcmad Rafli, petugas BMKG Stasiun Maritim Lampung saat dikonfirmasi.

Penyebab lainnya ikan naik ke pinggir pantai diakibatkan adanya upwelling atau arus naik dari dasar ke permukaan laut, yang menyebabkan ikan naik ke permukaan.

Menurutnya, air laut di sekitar Pelabuhan Panjang yang surut adalah normal. Dimana proses air laut dimulai pukul 19:00 WIB dan diperkirakan akan berlangsung hingga dini hari.

Diketahui bahwa pristiwa banyak ikan terdampat ditepi laut itu menghebohkan media sosial. Ikan itu masih dalam kondisi segar dan melompat-lompat di daratan. Peristiwa itu terjadi di wilayah Panjang, Bandar Lampung hingga di Selaki, Kabupaten Lampung Selatan.

Sementara itu, setidaknya ada tiga kemungkinan yang jadi penyebab ikan naik ke daratan. Pertama karena suhu. Kemungkinan kedua, saat gerombolan teri ini berpindah dari satu tempat ke tempat lain, dia dikejar oleh predator misalnya ikan layur. Hal itu membuat gerombolan terpecah dan menuju ke pantai.

BACA JUGA:Jangan Tunggu Rusak Dulu, Ini 5 Tips Hindari Kebocoran pada Tandon Air

Selanjutnya, kemungkinan ketiga bisa saja gerombolan ikan teri ini terkena gelombang. Dengan begitu gerombolan menjadi terpecah ada sebagian ke daratan. Sebenarnya fenomena ini tidak luar biasa, karena sering terjadi saat pancaroba. Hanya karena saat ini era medsos, informasi ini cepat tersebar. Jadi ribuan ikan teri naik ke daratan adalah hal biasa, sama sekali bukan pertanda buruk. Malah itu rezeki yang diberikan Tuhan buat umatnya.

Ikan Teri di Ilir Talo

Sementara itu, eredar video di media sosial menunjukkan ribuan ikan kecil jenis tanjan naik ke pinggir Pantai Penago Baru Kecamatan Ilir Talo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: