Iklan dempo dalam berita

6 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Memasang Tandon Air di Rumah, Pondasi Hingga Water Control

6 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Memasang Tandon Air di Rumah, Pondasi Hingga Water Control

6 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Memasang Tandon Air di Rumah, Pondasi Hingga Water Control--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Tandon air adalah salah satu kebutuhan penting yang harus dimiliki dalam setiap rumah. Banyak orang yang juga menyebutnya dengan istilah toren atau tandon air. 

Tandon air ini berfungsi sebagai wadah penampungan air untuk berbagai kegiatan penghuni rumah. Air yang ada di dalam tangki juga menjadi air cadangan saat listrik tiba-tiba mati. 

Di toko bahan bangunan, Anda bisa menemukan berbagai jenis tandon air dengan kapasitas ratusan hingga ribuan liter.

BACA JUGA:Wajib Tahu, Ini Cara Atasi Tandon Air Bocor, hanya Gunakan Cat Dijamin Manjur

Namun, pemilihan dan pemasangan toren ini bukanlah perkara yang sepele. Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan agar bisa memasang tangki air yang sesuai dengan kebutuhan rumah Anda.

1. Pondasi Tangki Air

Pondasi atau alas tangki air harus diperhatikan dengan benar. Pemilihan alas yang tepat adalah pada bidang yang datar. Cara memasang tangki air di rumah dilakukan pada bidang miring akan membuat tangki air tidak kuat menopang lebih banyak beban. Tangki air juga akan berisiko jatuh dari atas dan sangat membahayakan.

BACA JUGA:Tandon di Atas Bukan karena Lahan Sempit, tapi Ini Alasan dan Manfaatnya

Cobalah untuk membuat pondasi dari beton atau papan yang kuat. Alas dengan pondasi beton/papan lebih efektif untuk perhitungan jangka panjang. Jika menggunakan kerikil atau bata dikhawatirkan akan membuatnya bocor. Sebelum meletakkan tangki air, sapu sampai bersih bagian alasnya karena tangki akan memiliki beban yang sangat berat.

2. Lebar Pondasi Tangki Air

Perhatikan lebar pondasi yang akan digunakan untuk meletakkan tangki air. Lebih luas pondasi alas yang dibuat, akan membuat tangki air lebih aman. Pilihlah tempat tangki air di lokasi sekitar rumah yang luas. Lebih baik lagi jika lokasi pondasi sudah dipersiapkan sebelum waktu pembuatan rumah, karena bisa lebih maksimal.

Lebar yang dibutuhkan untuk alas atau pondasi tangki air paling tidak 30 cm. Semakin lebar, maka pencegahan tangki air yang akan jatuh lebih bisa diminimalisir. Apalagi jika tangki air ingin ditempatkan di atas rumah atau lokasi yang tinggi.

BACA JUGA:5 Langkah Mudah Menambal Tandon Air Bocor, Sudah Banyak yang Buktikan

3. Kekuatan Pondasi Tangki Air

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: