Iklan dempo dalam berita

6 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Memasang Tandon Air di Rumah, Pondasi Hingga Water Control

6 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Memasang Tandon Air di Rumah, Pondasi Hingga Water Control

6 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Memasang Tandon Air di Rumah, Pondasi Hingga Water Control--

Selain lebar alas atau pondasi, perhatikan juga kekuatannya. Hal ini sangat memengaruhi cara memasang tangki air di rumah yang lebih aman. Tangki pada umumnya akan digunakan untuk mengisi air. Air merupakan benda cair yang memiliki beban.

Jika dihitung, semakin banyaknya air dalam tangki air, maka akan semakin besar pondasi tangki air menerima beban.  Pada setiap 1000 liter air setidaknya memiliki beban seberat 1 ton.

Beban ini bukanlah beban yang ringan jika ditempatkan di atas rumah. Jadi, sangat penting untuk mempertimbangkan kekuatan pondasi untuk tangki air.

BACA JUGA:Tandon Fiber Bocor? Tenang Cukup di Tambal Menggunakan Lem, Air Bocor Bisa Tuntas

4. Ketinggian Posisi Tangki Air

Ketinggian lokasi penempatan tangki air juga harus diperhitungkan. Cara memasang tangki air di rumah yang memperhatikan ketinggian tentu akan lebih aman. Ketinggian posisi tangki akan memperngaruhi besar kecilnya semburan air yang dari tangki. Semakin tinggi tangki air, maka akan semakin besar semburan dari tangki air.

- Ketinggian 2-4 meter

Pada ketinggian 2-4 meter, tekanan dan semburan air yang dihasilkan dari tangki air akan lebih rendah. Ketinggian ini sangat cocok digunakan pada rumah yang sangat meminimalisir penggunaan air. Ketinggian ini juga bisa membantu menghemat pengeluaran listrik. Hanya saja, air yang keluar pasti akan lebih lambat karena gravitasinya sangat kecil.

- Ketinggian 4-6 meter

Pada ketinggian 4-6 meter, tekanan dan semburan air yang dihasilkan termasuk sedang. Biasanya semburan air yang dihasilkan dari tangki air dapat mencapai sejauh 5-6 meter. Tangki air pada ketinggian ini, semburan airnya bisa digunakan untuk mencuci kendarakan sendiri di rumah. Airnya juga akan lebih banyak mengalir daripada ketinggian 2-4 meter saja.

- Ketinggian di atas 7 meter

Pada ketinggian diatas 7 meter, tangki air akan memiliki tekanan dan semburan sangat tinggi. Air yang dikeluarkan dari kran juga semakin banyak. Biasanya tangki pada ketinggian ini sangat dianjurkan bagi pemilik rumah yang beternak ikan di rumah.

Peternak ikan pasti akan membutuhkan air lebih banyak dari biasanya. Sebaliknya, ketinggian ini tidak dianjurkan bagi pengguna biasa. Hal ini disebabkan karena airnya akan lebih boros dan membuat tagihan listrik justru membengkak.

5. Pipa Ventilasi

Cara memasang tangki air di rumah yang bagus adalah yang disertai dengan pipa ventilasi. Pipa ventilasi ini akan sangat berguna mengatur sirkulasi udara tangki air. Selain ditujukan untuk mengurangi tekanan udara, pemasangan pipa ventilasi udara digunakan untuk mengatur keluar masuknya udara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: