Iklan dempo dalam berita

Lokasi Terendah di Bumi Kedalamannya 11 Km di Bawah Laut, Mungkinkah Ada Kehidupan di Sana?

Lokasi Terendah di Bumi Kedalamannya 11 Km di Bawah Laut, Mungkinkah Ada Kehidupan di Sana?

Lokasi terendah di bumi berada di 11 kilometer di bawah laut--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Pernahkah kita bertanya di mana batas tertinggi bumi ini? Selain itu di manakah batas Terendah bumi?

Kali ini kita akan membahas khusus titik terendah di bumi. Namanya Palung Mariana. Banyak diantara kita sudah sering mendengar nama Palung Mariana.

Palung Mariana merupakan sebuah jurang di Samudra Pasifik barat yang membentang lebih dari 2.540 kilometer. Palung Mariana dikenal sebagai tempat bagi Challenger Deep atau titik terdalam yang diketahui di permukaan Bumi.

Palung Mariana memiliki kedalaman lebih dari 36.000 kaki atau sekitar 11 Kilometer di bawah air. 

Kedalaman Palung Mariana ini mengalahkan ketinggian puncak tertinggi di bumi yakni Gunung Everest yang memiliki ketinggian 8,8 Kilometer.

BACA JUGA:Selain Palung Mariana, Ada 4 Lokasi Lain Titik Terendah di Bumi, Salah Satunya di Indonesia

Meski telah diketahui kedalamannya, namun banyak ahli tetap mengatakan bahwa dasar laut tetap menjadi salah satu tempat paling misterius di alam semesta.

Menurut data Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) tahun 2022, selama puluhan ribu tahun, banyak orang telah menjelajahi permukaan laut, tetapi hanya sekitar 20 persen dasar laut yang telah dipetakan.

Termasuk kedalaman Palung Mariana, para peneliti terus berupaya untuk memberikan gambaran fitur-fiturnya yang semakin rinci.

Namun hal ini tidak mudah, karena luas dan dalamnya zona laut paling bawah, para ilmuwan harus mengandalkan teknologi sonar, atau akustik, untuk mencoba memberikan gambaran lengkap tentang apa yang ada di bawah.

BACA JUGA:Sudah Lama Dikenal, Ini Manfaat Minuman Kayu Manis, Bisa Atasi Radang Sendi hingga Sakit Lambung

Karena instrumentasi dan teknologi terus meningkat, perkiraan kedalaman Challenger Deep telah diperbarui pada tahun 2021 menjadi sekitar 35.876 kaki atau 10.935 meter.

Pada tahun 1960, terdapat penyelaman bersejarah yang dilakukan oleh Jacques Piccard dan Don Walsh dengan Trieste bathyscaphe yakni sejenis kapal selam penyelaman bebas.

Selama penyelaman, mereka mengatakan terpana melihat makhluk hidup di dalam sana. Padahal sebelumnya, para ilmuwan pernah membayangkan tidak mungkin ada yang bisa bertahan hidup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: