Iklan dempo dalam berita

Baru Ganti Oli kok Cepat Habis? Padahal Knalpot Gak Ngebul, Ternyata Ini Penyebabnya

Baru Ganti Oli kok Cepat Habis? Padahal Knalpot Gak Ngebul, Ternyata Ini Penyebabnya

Penyebab oli motor cepat habis--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Biasanya motor yang sudah berumur akan lebih rentan mengalami kerusakan. Terutama untuk motor Honda Vario 125 yang akan cepat mengalami pengurangan volume oli, sehingga perawatannya sangat penting sering dilakukan.

Lalu bagaimana jika baru diganti oli tapi masih cepat berkurang? Sebenarnya ada banyak penyebab berkurangnya volume oli mesin meski belum lama diganti.

Umumnya penyebab oli mesin tiba-tiba berkurang bisa diakibatkan karena ring piston yang sudah aus, sehingga gejala yang di dapat seperti, knalpot akan mengeluarkan asap pada rpm tinggi dan tarikan motor jadi berat atau ngempos.

Sedangkan gejala Honda Vario 125 ini beda pada jenis motor umumnya, dimana knalpot enggak ngebul, tarikan enggak berat atau ngempos tapi oli mesin tiba-tiba tinggal sedikit.

BACA JUGA:Ingin Ganti Oli Tapi Takut Salah Pilih, Ini 7 Rekomendasi Oli Cocok untuk Motor Vario 150

Hal ini,  diakibatkan oleh korter blok silinder dan piston serta ring piston. Maka jika terjadi pengurangan oli sebaiknya segera ganti piston dan ring piston baru.

Jika tidak cepat diganti, maka ring piston yang mulai lemah atau adanya baret pada dinding silinder menjadi penyebab utama hilangnya oli mesin.

Selain itu, oli mesin hilang juga dapat disebabkan karena oli menyelinap masuk ke ruang bakar sehingga oli ikut terbakar.

Namun, gejala ini jarang ditemui pada motor dengan usia masih tergolong muda atau dibawah 3 tahun.

Umumnya penyakit seperti ini lebih cepat terjadi pada mesin motor yang jarang dilakukan perawatan atau sering menunda mengganti oli mesin.

Jadi, agar awet lakukan servis rutin secara berkala pada motor kalian sesuai rekomendasi pabrikan.

Selain servis rutin Anda juga harus melakukan perawatan rutin agar motor nantinya bisa tetap berjalan mulus tidak ada kendala saat digunakan dan oli juga tidak mudah habis.

BACA JUGA:Ibu-ibu Punya Sumur Bor? Nggak Bisa Sembarangan Ambil Air Tanah, Harus Izin ke Pemerintah Dulu

Sebab jika kondisi mesin normal pastinya akan meningkatkan harga jualnya nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: