Iklan dempo dalam berita

Tidak hanya Sekadar Penghilang Dahaga, Ini Manfaat Luar Biasa Air Kelapa Muda, Mencegah Penyakit Jantung

Tidak hanya Sekadar Penghilang Dahaga, Ini Manfaat Luar Biasa Air Kelapa Muda, Mencegah Penyakit Jantung

8 manfaat air kelapa muda untuk kesehatan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Minuman air kelapa muda memang banyak disukai orang. Di banyak tempat wisata juga berjamuran pedagang kelapa muda. Apalagi saat bulan ramadhan pasti lebih banyak.

Selain bisa menghilangkan dahaga, air kelapa muda ternyata memiliki banyak manfaat luar biasa bagi kesehatan. Berbeda dengan kelapa tua, kelapa muda memiliki air yang lebih banyak. Minuman ini juga mengandung elektrolit, seperti kalium, natrium, dan mangan. Selain itu, air kelapa muda juga kaya akan fenol dan flavonoid yang bersifat antioksidan.

BACA JUGA:11 Arti Hewan Masuk Rumah Menurut Primbon Jawa, Mulai dari Makna Rezeki hingga Bencana

Kandungan lain yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh meliputi karbohidrat, serat, kalsium, protein, vitamin C, kalium, dan fosfor. Kandungan itulah yang membawa berbagai manfaat air kelapa muda untuk kesehatan.

Dari berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, air kelapa muda memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, antara lain:

1. Mencukupi kebutuhan cairan

Salah satu manfaat air kelapa muda adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Selain mengandung banyak air, kelapa muda juga memiliki banyak elektrolit, terutama natrium dan kalium. Fungsi elektrolit adalah mendukung aktivitas sel dan jaringan tubuh serta menjaga kadar cairan tubuh tetap seimbang.

Oleh karena itu, air kelapa muda kerap diberikan pada orang yang sedang muntaber atau berisiko terkena dehidrasi. Di sisi lain, air kelapa muda juga lebih sehat dibandingkan minuman isotonik yang biasanya mengandung tambahan gula dan perasa.

BACA JUGA:Bulan Ini Ada Bansos Rp 400 Ribu, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

2. Mencegah osteoporosis

Kandungan kalsium yang melimpah dalam air kelapa muda juga baik untuk mencegah osteoporosis. Pasalnya, kalsium merupakan nutrisi yang diperlukan untuk memperkuat tulang. Apabila kebutuhannya tidak dicukupi, risiko terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis bisa meningkat.

3. Menurunkan tekanan darah

Air kelapa muda juga bermanfaat menurunkan tekanan darah. Manfaat ini dapat diperoleh karena kandungan kalium di dalamnya yang mampu mengurangi ketegangan otot di dinding pembuluh darah, sehingga tekanan darah bisa tetap stabil.

4. Mencegah penyakit jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: