Iklan dempo dalam berita

Ratusan Ikan Mati di Pantai Indah Mukomuko, Ini Penyebab Hewan Laut Terdampar

Ratusan Ikan Mati di Pantai Indah Mukomuko, Ini Penyebab Hewan Laut Terdampar

Penyebab hewan laut terdampar--

1. Topografi 

Topografi pesisir dan daerah pasang surut membuat beberapa daerah menjadi perangkap bagi mamalia laut. Terdampar massal secara teratur terjadi di tempat-tempat seperti Perpisahan Spit di Selandia Baru, garis pantai Laut Utara, dan Cape Cod di Amerika Serikat bagian timur.

BACA JUGA:Motor Matic Tua Gunakan Oli Mesin SAE Berapa? Jangan Salah Pilih, Ini Rekomendasinya

Nick Davison, koordinator untuk Scottish Marine Animal Stranding Scheme, menjelaskan bahwa wilayah ini terlalu dangkal bagi paus untuk bernavigasi karena kemampuan ekolokasi dirancang untuk air dalam. 

Selain itu, selama siklus pasang surut, air dapat surut beberapa kilometer hanya dalam waktu beberapa menit, yang berarti beberapa hewan laut dapat tertangkap. Daren Grover dari Project Jonah menjelaskan, hewan tidak menyadari bahwa mereka bergerak ke perairan yang lebih dangkal, hal itu dapat menyebabkan masalah saat air pasang berubah. 

2. Penyebab alami 

Seekor paus yang terdampar bisa dalam kondisi sakit atau terluka, pikun, tersesat, tidak bisa makan, atau sudah tua, jelas Dan Jarvis, petugas pengembangan kesejahteraan dan dukungan lapangan di British Divers Marine Life Rescue. 

BACA JUGA:Supaya Rapi, Ini 5 Lokasi Penempatan Terbaik Tandon Air Untuk Rumah Minimalis

Hewan yang lemah mungkin hanyut mengikuti arus sampai mereka terdampar, sedangkan hewan yang mengalami disorientasi dapat secara tidak sengaja mengembara ke perairan yang lebih dangkal. 

Predasi juga dapat mendorong hewan ke pantai sendiri, apakah mereka pemangsa atau mangsa. Grover menceritakan kejadian lumba - lumba berenang ke pantai untuk melarikan diri dari orca serta orca yang terdampar saat berburu ikan pari di air dangkal. 

Ketika berenang menuju pantai adalah teknik berburu bagi orca, kadang-kadang mereka bisa salah perhitungan dan harus menunggu sampai gelombang yang cukup besar menghanyutkan mereka kembali ke laut. 

3. Aktivitas manusia 

Manusia juga merupakan bagian dari masalah yang bisa menyebabkan banyak hewan laut terdampar di pantai. Penangkapan ikan, polusi, serangan kapal, dan banyak aktivitas lainnya yang bertanggung jawab atas banyak cedera dan kematian yang menyebabkan hewan laut terdampar. 

BACA JUGA:Hujan Deras, Telaga Biru di Bengkulu Tengah Berubah Warna Lagi

Terjerat dalam tali pancing adalah penyebab utama kematian cetacea yang diakibatkan oleh manusia. Robinson mengaitkan penangkapan ikan dengan kepunahan fungsional lumba-lumba baiji dan kepunahan vaquita yang akan datang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: