Iklan dempo dalam berita

Waspada Bibit Sawit Palsu, Ketahui Ciri-ciri Serta 4 Dampak Kerugian Menggunakan Bibit Sawit Palsu

Waspada Bibit Sawit Palsu, Ketahui Ciri-ciri Serta 4 Dampak Kerugian Menggunakan Bibit Sawit Palsu

Waspada Bibit Sawit Palsu, Ketahui Ciri-ciri Serta 4 Dampak Kerugian Menggunakan Bibit Sawit Palsu--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Belakangan ini makin marak peredaran benih kelapa sawit palsu melalui saluran offline maupun online. 

Hal ini tentunya akan merugikan petani lokal selaku konsumen utama yang masih belum memiliki banyak pengetahuan dan akses ke produsen resmi benih kelapa sawit menjadikan sebuah peluang bagi oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menjual produk benih abal-abalnya ke petani.

BACA JUGA:Ketahui 5 Penyebab Penyakit Patah Pangkal Pelepah Sawit dan Solusinya

Cara Membedakan Bibit Sawit Asli dan Palsu

1. Cek Tekstur Biji Sawit

Bagi yang sudah terbiasa menanam biji sawit, pasti sudah lebih terbiasa membedakan teksturnya. Jadi sudah tahu pasti mana yang asli dan palsu. Ternyata, dari tekstur pun sudah beda. 

Tekstur biji sawit yang asli ternyata saat dipegang permukaannya terasa lebih kasar. Beda dengan biji sawit PPKS yang palsu, justru pas dipegang terasa lebih halus.

BACA JUGA:Memahami Gejala Serangan Ulat Kantung pada Tanaman Sawit dan Cara Penanganan yang Tepat

Kalau kita nggak tahu dan nggak berpengalaman, justru banyak yang mengira biji sawit yang permukaannya halus itu justru yang asli. 

Karena dianggap yang halus itu pasti lebih baik. Ternyata yang benar justru sebaliknya, yang kasar adalah biji sawit yang asli.

BACA JUGA:Mau Panen Sawit Melimpah? Ini 7 Cara Budidaya Kelapa Sawit dari Awal Hingga Panen

2. Ketebalan Tempurung Biji Sawit

Kita juga bisa mengecek keaslian biji sawit PPKS dari tingkat ketebalan tempurungnya. Biji sawit PPKS yang asli tempurungnya lebih tipis, karena langsung diambil dari kebun. 

Sedangkan biji sawit PPKS yang palsu justru tempurungnya lebih tebal. Untuk bisa mengetahui bedanya, memang lebih mudah kalau dibandingkan secara langsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: