Iklan dempo dalam berita

Waspada Bibit Sawit Palsu, Ketahui Ciri-ciri Serta 4 Dampak Kerugian Menggunakan Bibit Sawit Palsu

Waspada Bibit Sawit Palsu, Ketahui Ciri-ciri Serta 4 Dampak Kerugian Menggunakan Bibit Sawit Palsu

Waspada Bibit Sawit Palsu, Ketahui Ciri-ciri Serta 4 Dampak Kerugian Menggunakan Bibit Sawit Palsu--

BACA JUGA:Mau Panen Sawit Melimpah? Ini 7 Cara Budidaya Kelapa Sawit dari Awal Hingga Panen

3. Biji Sawit Kotor atau Bersih?

Cara lain untuk membedakan biji sawit PPKS asli dan palsu adalah dari tingkat kebersihannya. Bagi orang awam, mungkin bakal lebih memilih biji tanaman yang bersih, karena lebih aman pas dipegang. 

Apalagi kalau nggak terbiasa dengan bercocok tanam. Tapi ternyata biji sawit yang bersih ini justru adalah yang palsu dan berasal dari sumber benih yang nggak terjaga kualitasnya.

BACA JUGA:Ketahui 6 Jenis Penyakit pada Tanaman Sawit, Serta Cara Penanganan yang Tepat

Sedangkan biji sawit PPKS yang asli justru permukaannya terlihat lebih kotor. Inilah yang dianggap biji sawit berkualitas. Biji sawit lebih kotor karena memang diambil langsung dari kebun. 

Tanpa melalui banyak proses, lalu langsung dipasarkan. Karena itulah jadinya lebih kotor waktu dijual. Tapi soal kualitas justru lebih baik dari yang bersih.

BACA JUGA:Tanam Sawit di Lahan Gambut? Ini 4 Tips Agar Produksi TBS Sawit Tetap Maksimal

4. Cek Kualitas Pertumbuhan Biji Sawit

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, biji sawit PPKS yang asli dikembangkan melalui proses hibrida, dengan sumber benih yang sesuai dengan syarat dan ketentuan. 

Sedangkan bibit sawi PPKS yang palsu berasal dari sumber benih yang sembarangan saja, nggak perlu memperhatikan syarat dan ketentuan.

BACA JUGA:4 Jenis Replanting Kelapa Sawit yang Perlu Diketahui, Serta Kekurangan dan Kelebihannya

Memang harga biji sawit PPKS palsu lebih murah. Tapi mutu pertumbuhannya nggak akan sebaik biji sawit PPKS asli. Masa menanamnya lebih lambat dengan tingkat produktivitas yang rendah banget. 

Jadi biji sawit PPKS jadi nggak efisien. Bukannya menghasilkan, justru akan menguras lebih banyak biaya karena kualitasnya yang nggak jelas.

Selain itu, tingkat kematian kecambah dari biji sawit PPKS yang palsu pun lebih tinggi. Berasal dari benih yang kurang jelas kualitasnya, wajar saja kalau kualitasnya nggak sebaik yang asli. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: