Iklan dempo dalam berita

Ketahui 6 Jenis Penyakit pada Tanaman Sawit, Serta Cara Penanganan yang Tepat

Ketahui 6 Jenis Penyakit pada Tanaman Sawit, Serta Cara Penanganan yang Tepat

Ketahui 6 Jenis Penyakit pada Tanaman Sawit, Serta Cara Penanganan yang Tepat--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Prospek sawit cukup cerah dari tahun ke tahun. Setiap tahunnya produksi akan meningkat apabila perawatan tanaman terus dilakukan. Merawat tanaman kelapa sawit saat ini tidak semudah semasa dahulu, karena saat ini kebanyakan lahan ditanami secara monokultur, maka hama penyakit pada sawit semakin banyak yang akhirnya merusak sawit bahkan menurunkan produksi tanaman. 

Lalu, penyakit apa saja yang sering menyerang sawit dan bagaimana cara pencegahannya? Berikut penjabarannya.

BACA JUGA:Tanam Sawit di Lahan Gambut? Ini 4 Tips Agar Produksi TBS Sawit Tetap Maksimal

1. Penyakit Tajuk (Crown disease)

Penyakit tajuk atau penyakit Crown disease adalah penyakit pada tanaman kelapa sawit yang disebabkan oleh gen keturunan tanaman induk. Penyakit ini merupakan penyakit merupakan penyakit yang berbahaya dan perlu penanganan yang serius. 

Jika tidak, sudah dapat dipastikan tanaman kelapa sawit yang berasal dari induk berpenyakit produktifitasnya sangat rendah karena tanaman tidak dapat membentuk buah dengan maksimal.

BACA JUGA:Jangan Sembarang Tanam, Ini 9 Jenis Tanah yang Cocok untuk Budidaya Kelapa Sawit

Gejala penyakit keturunan ini tampak pada tanaman kelapa sawit yang berusia 2 hingga 4 tahun setelah tanam. Tanaman yang memiliki gen penyakit tajuk dapat diketahui jika terdapat pelepah yang bengkok dan tidak memiliki helai daun. Gejala lainnya yaitu helai daun mulai pertengahan sampai ujung pelepah kecil-kecil, sobek, atau tidak ada sama sekali.

2. Anthracnose

Penyakit antraknosa juga dapat menyerang pada tanaman kelapa sawit. Bagian tanaman yang diserang adalah daun dan tulang daun. Penyakit antraknosa pada tanaman kelapa sawit disebabkan oleh beberapa jenis jamur, yaitu jamur Melanconium sp, Glomerella cingulata, dan Botryodiplodia palmarum. 

BACA JUGA:6 Syarat Agar Pertumbuhan Tanaman Kelapa Sawit Maksimal, Boleh Dibuktikan

Daun-daun tanaman kelapa sawit yang terinfeksi akan mengering, dan pada serangan berat, penyakit antraknosa dapat menyebabkan kematian tanaman.

Gejala penyakit antraknosa pada tanaman kelapa sawit dapat diketahui jika terdapat bercak-bercak coklat tua pada ujung daun dan tepi daun. Bercak-bercak dikelilingi warna kuning yang merupakan batas antara bagian daun yang sehat dan yang terserang. 

BACA JUGA:Petani Sawit Wajib Tahu, Jenis Gulma dan Penggunaan Herbisida yang Tepat Untuk Tanaman Sawit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: