Iklan dempo dalam berita

Jangan Sembarang Tanam, Ini 9 Jenis Tanah yang Cocok untuk Budidaya Kelapa Sawit

Jangan Sembarang Tanam, Ini 9 Jenis Tanah yang Cocok untuk Budidaya Kelapa Sawit

Jangan Sembarang Tanam, Ini 9 Jenis Tanah yang Cocok untuk Budidaya Kelapa Sawit--

NASIONAL,  RBTVCAMKOHA.COM - Tanaman Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jack) merupakan tanaman penghasil minyak nabati yang memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan minyak yang dihasilkan oleh tanaman lainnya. Keunggulan minyak kelapa sawit yaitu memiliki kadar kolesterol rendah atau bahkan tanpa kolesterol.

Asal-usul tanaman kelapa sawit diduga berasal dari daratan Amerika dan Afrika. Spesies kelapa sawit yang diduga berasal dari Amerika Selatan yaitu Elaeis oleivera, sedangkan spesies yang diduga berasal dari Afrika (Guenia) yaitu Elaeis guneensis.

BACA JUGA:6 Syarat Agar Pertumbuhan Tanaman Kelapa Sawit Maksimal, Boleh Dibuktikan

Tanaman kelapa sawit termasuk tanaman yang mudah beradaptasi dan bisa tumbuh dengan baik pada berbagai jenis tanah, baik pada dataran rendah, menengah hingga dataran tinggi.

Berikut ini jenis-jenis tanah yang cocok untuk budidaya tanaman kelapa sawit ;

Jenis Tanah yang Cocok untuk Kelapa Sawit

Kelapa sawit pada umumnya membutuhkan lahan yang relatif datar dengan struktur lapisan cukup tebal, tidak mudah tergenang, dan subur. Adapun ditinjau dari jenis tanah yang dapat menjadi media budidaya kelapa sawit juga beragam, yakni aluvial, latosol, dan organosol.

BACA JUGA:4 Jenis Replanting Kelapa Sawit yang Perlu Diketahui, Serta Kekurangan dan Kelebihannya

1. Tanah Aluvial

Jenis tanah yang satu ini juga sering dikenal dengan sebutan tanah endapan dan hanya akan ditemukan di lokasi sekitar aliran sungai. Pasalnya, aluvial berasal dari sedimen lumpur yang dibawa oleh air di sungai maupun danau pada kawasan dataran rendah maupun hilir.

Dalam kata lain, tanah aluvial terbentuk sebagai hasil erosi dari tanah pada kawasan tinggi yang terbawa aliran air sungai dan mengendap serta bercampur dengan lumpur di sungai di dasar lereng.

BACA JUGA:Yuk Simak 7 Jenis Hama Berbahaya Untuk Kelapa Sawit dan Cara Mengendalikannya, Petani Wajib Tahu

Tanah aluvial banyak ditemukan di kawasan timur Sumatera, utara Jawa, Kalimantan Selatan dan Tengah, dan utara serta selatan Papua. Untuk mengetahui lebih detail tentang tentang aluvial, berikut adalah beberapa karakter utamanya.

• Subur dan Kaya Mineral

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: