Iklan dempo dalam berita

Waspada Bibit Sawit Palsu, Ketahui Ciri-ciri Serta 4 Dampak Kerugian Menggunakan Bibit Sawit Palsu

Waspada Bibit Sawit Palsu, Ketahui Ciri-ciri Serta 4 Dampak Kerugian Menggunakan Bibit Sawit Palsu

Waspada Bibit Sawit Palsu, Ketahui Ciri-ciri Serta 4 Dampak Kerugian Menggunakan Bibit Sawit Palsu--

Proses pengolahan TBS dari benih sawit tidak murni menjadi tidak efisien akibat dari tingginya persentase buah dalam cangkang tebal (Dura), sedangkan pabrik pengolahan didesain untuk kulit cangkang tipis (Tenera). Ketidakefisienan ini disebabkan oleh karena beragamnya jenis buah dengan ketebalan mesocarp yang berbeda.

Ketebalan cangkang yang berbeda mengakibatkan pemanasan biji tidak merata dan hasil proses bantingan (cracker) tidak sempurna, dan pemesanan kernel dengan cangkang juga tidak sempurna. Rendemen CPO rendah di bawah 20% karena bercampurnya dengan buah Dura yang rendemennya rendah, yaitu 18 – 19,5 %.

BACA JUGA:Petani Sawit Wajib Tahu, Jenis Gulma dan Penggunaan Herbisida yang Tepat Untuk Tanaman Sawit

4. Kerugian Finansial dan Ekonomi

Tentu karena tingkat produktivitas rendah maka jumlah penerimaan penanaman kelapa sawit akan rendah ditambah lagi dengan tidak efisiennya pengolahan di pabrik, maka harga TBS akan di bawah normal.

Hal ini juga mengakibatkan kerugian waktu akibat dari terdeteksinya tanaman yang berasal dari kelapa sawit tidak murni setelah memasuki masa berbuah, maka penanaman kelapa sawit akan kehilangan waktu untuk menggantinya dengan tanaman unggul. Dan semua ini akan berakhir pada kerugiaan investasi.

 

(Tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: