Iklan dempo dalam berita

Rumah Security Terbakar, Saat Itu di Dalamnya Ada Anak dan Istri yang Sedang Tidur

Rumah Security Terbakar, Saat Itu di Dalamnya Ada Anak dan Istri yang Sedang Tidur

Rumah di Bengkulu Tengah terbakar--

Penyebab korsleting ada banyak. Berikut beberapa penyebab terjadinya hubungan arus pendek tersebut.

Penyambungan kabel yang tidak sempurna

Kabel yang sambungannya tidak sempurna, berisiko tinggi terjadi korsleting listrik di gedung ataupun tempat tinggal. Apabila penyambungan kabel tidak rapi dan isolator pada kabel tidak terpasang dengan rapat, arus listrik pada kabel bisa keluar jalur dan menyebabkan arus pendek.

Stop kontak sudah kendur

Penyebab korslet listrik selanjutnya adalah stop kontak yang sudah kendur. Stop kontak yang sudah tidak stabil dan tidak kokoh lagi mengakibatkan kualitasnya menurun. Cara kerjanya pun tidak bagus lagi. Kendurnya stop kontak dapat menghasilkan percikan api yang mengakibatkan korsleting listrik.

BACA JUGA:Dikira Sama, Ternyata Ini Perbedaan Paylater dan Pinjaman Online, Pilih Mana?

Perangkat listrik berkualitas rendah

Perangkat listrik yang tidak sesuai standar keamanan atau yang berkualitas rendah, dapat meningkatkan risiko terjadinya korsleting listrik. Sebab komponen penyusunnya terlalu ringkih dan mudah rusak. Oleh karena itu, Anda harus pastikan sudah memakai perangkat listrik yang berlogo SNI.

Paparan suhu tinggi

Apabila perangkat listrik terkena paparan suhu tinggi yang terlalu berlebihan atau berada di dekat sumber panas seperti api, bisa menyebabkan arus pendek listrik. Maka dari itu, pastikan perangkat listrik tidak berada di dekat sumber penghasil panas.

Kabel tidak sesuai

Anda harus menggunakan kapasitas kabel yang sesuai dengan penggunaannya. Artinya, jika Anda membutuhkan listrik dengan tegangan cukup tinggi, pastikan kapasitas kabel yang mengaliri arus listriknya sudah sesuai dan tidak berada di bawah tegangan yang Anda gunakan. Upaya tersebut salah satu cara mencegah korsleting listrik.

Stop kontak yang kelebihan muatan

Stop kontak berbentuk terminal T adalah perangkat listrik yang umum digunakan untuk keperluan sehari-hari. Namun, tidak jarang terjadi korsleting pada stop kontak akibat penggunaan yang serampangan.

Salah satu penyebab stop kontak konslet adalah stop kontak yang kelebihan muatan. Jika kabel yang tertancap di stop kontak terlalu banyak dan menumpuk, dapat menghasilkan panas. Suhu tinggi itu berasal dari arus listrik yang terakumulasi oleh stop kontak. Korsleting pun dapat terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: