Iklan dempo dalam berita

Rumah Security Terbakar, Saat Itu di Dalamnya Ada Anak dan Istri yang Sedang Tidur

Rumah Security Terbakar, Saat Itu di Dalamnya Ada Anak dan Istri yang Sedang Tidur

Rumah di Bengkulu Tengah terbakar--

BACA JUGA:11 Tahapan Tes Kompetensi Mitra Statistik BPS, Wajib Paham agar Lulus Seleksi

Stop kontak basah

Air adalah zat yang dapat menghantarkan listrik. Jika perangkat listrik terkena tumpahan air, tentu bisa menyebabkan korsleting listrik. Oleh karena itu, jauhkan seluruh perangkat dan sumber listrik dari percikan air.

Tips Mencegah Korsleting Listrik

PT PLN (Persero) memberikan beberapa tips untuk menghindari terjadinya korsleting listrik.

Rutin cek instalasi

PT PLN mengimbau pelanggan untuk secara rutin melakukan pengecekan dan perawatan instalasi listrik di rumah. Hal ini bertujuan untuk menghindari dari bahaya korsleting listrik dan kebakaran

Pakailah Instalasi SNI

Di samping itu, pemilik rumah juga sebaiknya memeriksa instalansi listriknya apakah sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Hal ini dilakukan supaya instalasi listrik di rumah terjamin keamanannya.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan, mengatakan SNI ini perlu mendapat perhatian oleh para pelanggan. Sebab, sesuai Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan, PLN hanya berwenang mengalirkan listrik sampai batas kWh meter saja.

“Meskipun bukan wewenang PLN sampai ke instalasi listrik dalam rumah pelanggan, tetapi kami mengimbau pelanggan untuk tetap memperhatikan peralatan dan instalasi listrik di rumahnya,” kata dia.

BACA JUGA:Jangan Asal Pakai, Ini 4 Barang yang Cocok Dibeli Menggunakan Paylater, Apa Saja?

Peralatan listrik rumah tangga ber-SNI

Selain kabel instalasi, Doddy menambahkan peralatan listrik di rumah pun sebaiknya wajib berlabel SNI demi keamanan dan kenyamanan. Perhatikan juga setiap alat elektronik yang badannya terbuat dari logam yang mudah berkarat, jangan sampai membuat kabel terkelupas dan mengakibatkan korsleting .

Perhatikan Stop Kontak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: