Iklan dempo dalam berita

Katanya Selama 40 Hari Setelah Kematian, Roh Seseorang Masih Tinggal di Rumah, Begini Penjelasannya

Katanya Selama 40 Hari Setelah Kematian, Roh Seseorang Masih Tinggal di Rumah, Begini Penjelasannya

Benarkah 40 hari setelah kematian roh masih tinggal di rumah? --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Tidak seorang pun yang akan lolos dari kematian. Jika waktunya telah tiba, ajal tidak memandang tempat dan situasi. Semuanya akan meninggalkan dunia ini dan melanjutkan fase lainnya.

Selama ini banyak berkembang anggapan di masyarakat, jika 40 hari setelah kematian, roh seseorang masih berada di rumahnya. Apakah benar demikian?

Kematian yang merupakan proses perpisahan antara roh dan jasad yang pasti akan menimpa seluruh makhluk yang bernyawa. 40 hari setelah meninggal tidaklah berada di rumah seperti yang kebanyakan orang percaya. 40 hari setelah meninggal, tidak akan ada yang tahu roh berada di mana.

BACA JUGA:Daftar Perusahaan BUMN Buka Lowongan Kerja Bulan November, Lulusan SMA Bisa Daftar

Hal ini dikarenakan tidak ada keterangan atau nash yang ditemukan menyatakan hal tersebut. Karena jika berada di rumah, itu artinya roh seseorang masih berurusan dengan hal-hal dunia yang tidak dinyatakan oleh nash manapun.

Menurut Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyah dalam bukunya al-Ruh disebutkan bahwa ada beberapa opini tentang arwah atau ruh sesudah meninggal sampai hari kiamat datang itu ada di mana.

Dari banyaknya opini tersebut, tidak ada sama sekali diterangkan bahwa arwah-arwah akan bergentayangan, terutama saat 40 hari setelah meninggal.

Untuk arwah orang-orang yang beriman, mereka akan merasakan ketentraman di alam barzakh yang luas yang penuh dengan kenikmatan dan rezeki yang melimpah di dalamnya. Allah SWT berfirman:

وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهٖ عِلْمٌ ۗاِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ اُولٰۤىِٕكَ كَانَ عَنْهُ مَسْـُٔوْلًا

(Wa lā taqfu mā laisa laka bihī 'ilm, innas-sam'a wal-baṣara wal-fu`āda kullu ulā`ika kāna 'an-hu mas`ụlā)

Artinya: “Janganlah kamu mengikuti sesuatu yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya.

BACA JUGA:Persiapan Seleksi Mitra Statistik, Ini Bocoran Contoh Soal Tes Wawancara BPS

Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya akan diminta pertanggung jawabannya.” (QS Al-Isra’: 36)

Setelah membaca keterangan tersebut, dapat disimpulkan bahwa roh akan berada di alam barzah atau alam kubur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: