Iklan dempo dalam berita

SMKN 4 Bengkulu Utara Unjuk Produk "Teaching Factory", Bekal Siswa Menghadapi Dunia Kerja

SMKN 4 Bengkulu Utara Unjuk Produk

SMKN 4 Bengkulu Utara gelar Teaching Factory--

BENGKULU UTARA, RBTVCAMKOHA.COM - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Bengkulu Utara menggelar kegiatan hari puncak Bulan Bahasa dan peringatan Hari Pahlawan tahun 2023, Sabtu (11/11).

Bertempat di lapangan sekolah, dalam rangkaian acara ini disematkan kegiatan pameran produk program Teaching Factory (Tefa).

Teaching Factory ini merupakan program unggulan dari SMK 4 Bengkulu Utara, sebagai suatu konsep pembelajaran di SMK yang berbasis produksi atau jasa dan mengacu kepada standar dan prosedur yang berlaku di industri.

BACA JUGA:Penting, Mitra Statistik BPS Harus Menguasai 6 Kecakapan Berikut, Nomor 1 Pintar Ngomong

Program ini dilaksanakan dalam suasana layaknya di industri. Siswa merancang produk, membuat prototype, mengorganisasikan pekerjaan, melaksanakan produksi, mengevaluasi produk, sampai pada kegiatan memasarkan produk.

Implementasi Teaching Factory di SMK dapat menjembatani antara kebutuhan industri dengan kompetensi yang dihasilkan oleh sekolah.

Kepala SMK 4 Bengkulu Utara, Sugiardianto, M.Pd mengatakan, Teaching Factory merupakan program pemerintah pusat dalam hal ini Kemendikbudristek, yang tujuannya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya pada ranah vokasi.

BACA JUGA:8 Hewan Ini Menurut Primbon Jawa Pembawa Rezeki, Nomor 3 Hewan yang Disukai Semua Orang

Sebab salah satu komponen inti dari pengajaran SMK adalah membekali peserta didik dengan keterampilan yang relevan dan nantinya bermanfaat di dunia kerja.

"Di SMK kita ada 3 jurusan, yaitu Agribisnis Tanaman Perkebunan, Teknik Bisnis Sepeda Motor dan desain Komunikasi Visual. Untuk program Teaching Factory yang sudah berjalan saat ini di jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor dan Desain Komunikasi Visual," papar Sugiardianto.

Pada kegiatan pameran ini, kedua jurusan tersebut menampilkan berbagai hasil karya produksi barang maupun produk jasa.

BACA JUGA:Anda Disarankan Tanam 5 Jenis Tanaman Hias Ini, Selain Percantik Rumah juga Mempermudah Rezeki

Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor menampilkan teknis service kendaraan bermotor. Kemudian jurusan Desain Komunikasi Visual memamerkan produk berupa hasil seni grafir seperti sandal, gantungan kunci, samin, dan packing makanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: