Iklan dempo dalam berita

Daun Jarak Punya Manfaat Luar Biasa Untuk Kesehatan, Salah Satunya Untuk Obat Rematik

Daun Jarak Punya Manfaat Luar Biasa Untuk Kesehatan, Salah Satunya Untuk Obat Rematik

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Tanaman jarak dikenal sebagai bahan herbal yang memiliki segudang khasiat. Hampir seluruh bagian dari tanaman ini bisa digunakan sebagai obat tradisional. Salah satu bagian yang populer digunakan yaitu daun jarak.

Di Indonesia, tanaman jarak ini dapat dengan mudah dijumpai di berbagai tempat, baik itu sebagai tumbuhan liar ataupun sebagai tanaman yang memang sengaja di budidayakan.

BACA JUGA:Bunga Rafflesia Langka Jenis Hasseltii Suringar Mekar Sempurna di Kecamatan Kota Padang Rejang Lebong

Untuk bagian daunnya sendiri sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai obat herbal untuk menyembuhkan beberapa penyakit, mulai dari mengobatai sariawan, 

mengatasi sembelit,memperbaiki kerusakan hati, dan lain sebagainya.

Nah, dalam artikel kali ini kami akan membahas tuntas manfaat lainya yang terdapat dalam daun jarak, sebelum itu sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa itu daun jarak. 

BACA JUGA:Kesempatan Emas Bagi Lulusan SMA, PT. Gudang Garam Tbk Buka Lowongan Kerja

Lalu apa arti daun jarak?

Daun ini sendiri memang sudah ada sejak zaman nenek moyang. Tumbuhan ini dikenal sangat tahan kekeringan dan mudah diperbanyak dengan stek. Tanaman ini sudah terkenal mampu dijadikan sebagai bahan pengobatan sekaligus racun.

Untuk mendapatkan segudang manfaatnya, ada berbagai bagian tanaman jarak yang bisa digunakan. Mulai dari daun, biji, dan buahnya. Bukan tanpa sebab ada segudang manfaat yang dihasilkan dari daun jarak ini.

BACA JUGA:Cek Dulu, Ternyata Ada 19 Jenis Daftar Operasi yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Ada beberapa kandungan zat penting yang dibutuhkan untuk tubuh seperti alkaloid, astragalin, fitonutrien, nicotiflorin, kaempferol, dan quercetin. Senyawa-senyawa yang terkandung dalam daun jarak tersebut memiliki fungsinya masing-masing.

Ada yang bersifat sebagai antioksidan, anti-bakteri, anti-inflamasi, dan lain sebagainya yang penting untuk merawat fungsi tubuh.

Jadi, walaupun tergolong tanaman liar, daun jarak memiliki segudang manfaat tak terduga bagi kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: