Iklan dempo dalam berita

Tersenyum Tapi Tak Lepas, Mungkin Kamu Mengalami Luka Batin, Coba Kenali Tandanya

Tersenyum Tapi Tak Lepas, Mungkin Kamu Mengalami Luka Batin, Coba Kenali Tandanya

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Seringkali, kita melihat orang tersenyum dan beraktivitas seolah semuanya normal, namun di balik itu, luka-luka tersembunyi mungkin tengah merajai. Suatu hal yang terjadi dalam hidup dan menimbulkan luka batin bukan sepenuhnya kesalahan pihak eksternal. Namun, keinginan untuk sembuh dari luka merupakan pilihan diri sendiri secara sadar dan tanggung jawabmu sendiri.

Luka batin biasanya terjadi akibat tekanan yang besar atau kejadian negatif yang berlangsung secara terus menerus pada diri kita, dan tentunya menimbulkan emosi negatif yang mendalam dan berbekas.

BACA JUGA:Lowongan Kerja Pendamping Lokal Desa, Pendapatan hingga Rp 9 Juta per Bulan, Pendidikan Minimal SMA

Masing-masing dari kita mungkin pernah merasa terluka, entah karena perkataan orang lain atau perilaku orang lain pada diri kita. Kadang, sebagai manusia kita tidak ingin terlihat lemah oleh manusia lain sehingga kita memilih untuk mengubur dalam-dalam luka yang kita miliki sampai kita melupakannya.

Padahal apapun luka batin yang kita miliki sebaiknya memang dikelola dengan baik agar tidak mengganggu kehidupan kita. Seperti mungkin kita akan menjadi lebih sensitive saat menerima perkataan atau perbuatan tertentu, lebih mudah khawatir akan suatu hal, atau mungkin kita akan sering mengalami gejolak emosi tanpa tahu alasan yang jelas mengapa hal tersebut dapat terjadi. Karena meskipun sudah kita lupakan atau kubur dalam-dalam nyatanya luka itu masih ada dalam diri kita. Tinggal menunggu waktu saja untuk menghantui kita.

BACA JUGA:Seleksi Pendamping Lokal Desa, Lulusan SMA Bisa Daftar, Segini Gaji yang Bakal Diterima

Luka batin dapat menyebabkan masalah kesehatan mental, seperti depresi, kecemasan, dan gangguan stres pascatrauma (PTSD). 

Luka batin juga dapat memengaruhi hubungan interpersonal, karier, dan kualitas hidup secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa cara untuk mengobati luka batin masa lalu yang masih membekas hingga dewasa:

Dirangkum dari berbagai sumber, Luka batin dapat menyebabkan berbagai masalah, baik secara fisik maupun mental. Secara fisik, luka batin dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti sakit kepala, nyeri otot, dan masalah pencernaan.

Secara mental, luka batin dapat menyebabkan masalah kesehatan mental, seperti kecemasan, depresi, dan gangguan makan.

BACA JUGA:Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA, Kemendes Buka Seleksi Pendamping Lokal Desa, Berikut Syarat dan Jadwalnya

Berikut adalah ciri-ciri seseorang mengalami luka batin :

1. Perubahan Mood yang Tidak Terduga

Seseorang yang memiliki luka batin mungkin mengalami perubahan mood yang tiba-tiba, termasuk menjadi sangat sedih, marah, atau cemas tanpa alasan yang jelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: