Iklan RBTV Dalam Berita

Tanaman Obat Herbal Ini Terkenal Ampuh Mengatasi 5 Penyebab Sembelit

Tanaman Obat Herbal Ini Terkenal Ampuh Mengatasi 5 Penyebab Sembelit

--

Lalu bagaimana cara mengatasi sembelit saat BAB?  Obat-obatan memang banyak dijual dipasaran akan tetapi bahan alami bisa menjadi penanganan pertama ketika mengalami sembelit. Pengobatan sederhana ini bisa berasal dari makanan dan minuman yang mungkin tersedia di rumah:

1. Jahe

Jahe dipercaya dapat meningkatkan pergerakan usus, sehingga mampu mengatasi sembelit. Selain itu, jahe juga dapat meredakan gejala lain yang kerap menyertai sembelit, yaitu mual dan kembung.

2. Minyak Jarak

Minyak jarak mengandung asam risinoleat, yaitu sejenis asam lemak tak jenuh sehingga dapat meningkatkan pergerakan otot usus untuk membantu pengeluaran tinja.

BACA JUGA:Tidak Boleh Sembarangan, Begini Cara Penggunaan Vitamin C yang Dianjurkan

3. Sayur-sayuran hijau

Sayuran hijau memiliki serat yang tinggi dan rendah lemak sehingga sayuran seperti kol, bayam, brokoli dapat membuat tinja lebih mudah melewati usus. Selain itu, sayuran hijau juga kaya akan magnesium yang umumnya terkandung dalam obat pencahar.

4. Kopi

Kopi dapat memperlancar BAB karena kandungan kafein yang ada didalamnya dapat memperlancar saluran pencernaan dan mempermudah pengeluaran tinja.

5. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung banyak serat sehingga sangat baik dikonsumsi orang yang mengalami sembelit. Konsumsi ubi jalar dengann cara di rebus, atau di kukus. Jangan konsumsi ubi jalar dengan cara di goreng karena kandungan minyak dan lemaknya akan memperburuk sembelit.

BACA JUGA:Ada Risiko Iritasi, Begini Cara Penggunaan Retinol yang Baik dan Benar

(Sheila Silvina)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: