Iklan RBTV Dalam Berita

Tanaman Obat Herbal Ini Terkenal Ampuh Mengatasi 5 Penyebab Sembelit

Tanaman Obat Herbal Ini Terkenal Ampuh Mengatasi 5 Penyebab Sembelit

--

BACA JUGA:Wajah Belang Bikin Minder? Berikut 7 Tips Ampuh Hilangkan Belang di Wajah Anda, Buktian Sendiri

5. Sakit perut

Sakit perut bisa terjadi ketika Anda mengalami sembelit. Keluhan ini dapat dipicu oleh banyaknya gas yang terperangkap di saluran pencernaan, tetapi bisa pula karena efek dari tinja yang mengeras sehingga memicu tekanan pada perut. Efeknya, keluhan sakit perut pun tidak terhindarkan.

BACA JUGA:Tidak Nyaman karena Wajah Berminyak, Coba Gunakan Produk Kecantikan Ini

Sakit BAB sendiri bisa terjadi dikarenakan berbagai macam faktor tambahan diantaranya adalah:

1. Infeksi saluran pencernaan

Infeki saluran pada pencernaan dapat membuat nyeri dan sakit pada saat BAB, sebab dari kondisi ini antara lain adalah bakteri atau virus yang menyerang saluran pencernaan. Selain menyebabkan rasa sakit pada anus, kondisi ini juga bisa memicu diare, muntah, nyeri perut, dan dehidrasi.

2. Wasir atau ambien

Pembengkakan di daerah anus dan rektum yang dapat menyebabkan rasa sakit saat buang air besar. Kondisi ini dapat terjadi ketika tekanan meningkat pada pembuluh darah di area anus, seperti saat kamu mengejan saat buang air besar. Selain itu, wasir juga bisa terjadi karena kehamilan, obesitas, atau faktor keturunan.

BACA JUGA:Lansia juga Masih Perlu Susu, Berikut Tips Memilih Susu untuk Lansia dan Manfaatnya

3. Fisura Ani

Fisura ani adalah luka pada anus yang dapat menyebabkan rasa sakit saat sedang membuang air besar. Luka ini biasanya terjadi karena trauma pada anus atau tekanan pada area tersebut. Fisura ani juga dapat terjadi karena konstipasi atau diare yang berkepanjangan.

4. Terjadinya kanker usus besar 

Sebenarnya kasus ini jarang terjadi, salah satu gejala kanker usus besar adalah rasa sakit saat buang air besar. Penyakit ini biasanya berkembang secara perlahan dari polip di dalam usus besar. Untuk menghindari kanker usus besar, pastikan kamu menghindari rokok, konsumsi alkohol berlebihan, obesitas, dan kurang olahraga.

BACA JUGA:Ini Alasannya Daun Kelor Ampuh untuk Obat Anak yang Sedang Demam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: