Iklan dempo dalam berita

5 Faktor ASI Tidak Keluar? Untuk Sementara Beri Susu Formula Kandungan Ini Kepada Bayi Anda

5 Faktor ASI Tidak Keluar? Untuk Sementara Beri Susu Formula Kandungan Ini Kepada Bayi Anda

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – ASI atau air susu ibu sangatlah penting untuk bayi, pemberian ASI saja tanpa memberikan tambahan makanan atau minuman lain pada bayi usia 0 hingga 6 bulan.

Beberapa manfaat asi untuk bayi adalah, mengandung zat gizi sesuai kebutuhan bayi yang berguna untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan fisik serta kecerdasan, melindungi bayi dari alergi, aman dan terjamin kebersihannya, karena langsung disusukan kepada bayi dalam keadaan segar, membantu dalam memperbaiki refleks menghisap, menelan dan pernapasan bagi bayi, bayi dapat lebih sehat, lincah dan tidak cengeng, bayi tidak sering sakit.

BACA JUGA:Anak Kejang Saat Demam ? Jangan Panik, Ada 7 Penyebab dan Begini Cara Mengatasinya

ASI merupakan cairan yang diproduksi secara alamiah oleh kelenjar payudara ibu dan menjadi sumber nutrisi utama bayi terlebih ketika berusia di bawah 6 bulan. Pada beberapa kondisi, ibu menyusui kerap mengeluhkan ASI yang tidak keluar dengan lancar sehingga turut menghambat proses pemberian ASI eksklusif pada bayi.

BACA JUGA:Banyak Orang Belum Tahu, Ternyata Ada 7 Manfaat dan Khasiat Bila Rutin Konsumsi Susu Unta

Lalu apa yang menjadi faktor ASI tidak keluar dengan optimal?

1. Stres

Stres karena lelah atau kurang tidur sering kali menjadi penyebab ASI tidak keluar saat bayi baru lahir. Pasalnya, stres dapat menurunkan hormon oksitosin yang berperan penting dalam produksi ASI.

2. Kelahiran Prematur

Kelahiran prematur menyebabkan ibu tidak dapat menyusui bayinya dengan segera dikarenakan produksi ASI yang tertunda di dalam tubuh. Selain itu, kelahiran prematur juga berisiko menyebabkan ibu mengalami stres dan lelah yang berdampak pada penurunan produksi ASI.

BACA JUGA:Tidak Beda Jauh dengan ASI, Ini Manfaat Lengkap Susu Kambing

3. Kondisi Medis Tertentu

Ibu menyusui dengan kondisi medis tertentu, seperti penyakit tiroid, diabetes gestasional, obesitas, PCOS, hingga kanker payudara, berisiko memengaruhi kadar hormon laktasi dalam tubuh yang berkaitan dengan produksi ASI.

4. Efek Samping Obat-Obatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: