Iklan dempo dalam berita

Dilarang Medis, Ternyata Pemakaian Gurita Ke Bayi Timbulkan 5 Risiko Berbahaya, Berikut Penjelasannya

Dilarang Medis, Ternyata Pemakaian Gurita Ke Bayi Timbulkan 5 Risiko Berbahaya, Berikut Penjelasannya

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM –  Dunia medis bertentangan dengan penggunaan gurita pada bayi. Akan tetapi ini merupakan turun-temurun yang tidak bisa dipisahkan saat bayi baru lahir. Di Indonesia, banyak orang tua yang memercayai bahwa penggunaan gurita bayi memiliki banyak manfaat. 

Di antaranya seperti mengecilkan perut, mengempiskan pusar bodong, hingga mencegah masuk angin. Faktanya, hingga saat ini, tidak ada satu pun penelitian medis yang mampu membuktikan berbagai hal di atas. Lalu,  sebenarnya perlukah menggunakan gurita bayi? Apakah pemakaian gurita bayi aman untuk kesehatannya?

BACA JUGA:Ini Dia Tips Aman Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan Bayi

Mungkin saat akan melahirkan Anda akan disarankan menggunakan gurita kepada calon bayi anda dikarenakan alasan beberapa manfaatnya. Lalu fakta atau mitos kah mengenai manfaat memasangkan gurita pada bayi?

1. Tidak Mencegah Bayi Masuk Angin

Kenapa tidak dapat mencegah masuk angin pada bayi? bayi yang masuk angin umumnya terjadi karena ia menelan udara terlalu banyak. Misalnya, bayi menangis terlalu lama atau cara menyusu yang kurang tepat. Cara mencegah masuk angin yang tepat pada bayi, yaitu memosisikan bayi dengan benar ketika menyusui atau menenangkannya saat menangis, bukan dengan gurita.

BACA JUGA:Tinggi Kandungan DHA dan Omega 3, Ada 12 Manfaat Minyak Ikan untuk Bayi

2. Tidak Dapat Mencegah Pusar Bodong

Pusar bodong lebih disebabkan oleh otot cincin perut yang tidak menutup dengan sempurna setelah bayi lahir. Akibatnya, usus di dalam perut menekan pusar sehingga kemudian tampak menonjol. Banyak Orang tua yang mengkhawatirkan pusar bodong pada bayinya. Umumnya akan sembuh atau menghilang dengan sendirinya seiring tumbuh kembang anak. Biasanya, hal ini terjadi ketika anak sudah berusia antara 4—5 tahun.

Dan pemakaian gurita untuk mengatasi tali pusat yang belum puput pun bukanlah cara perawatan yang tepat. Tali pusat sebaiknya dibiarkan lepas sendiri. Usahakan pula agar tali pusat bayi tidak basah serta tidak terkena urine maupun tinja.

BACA JUGA:5 Faktor ASI Tidak Keluar? Untuk Sementara Beri Susu Formula Kandungan Ini Kepada Bayi Anda

3. Tidak Terbukti Mengecilkan Perut Bayi 

Yang terakhir adalah tidak terbukti bahwa memasangkan gurita pada bayi dapat mengecilkan perut bayi. Penggunaan kain lilitan ini juga bukan cara yang tepat untuk mengecilkan perut bayi baru lahir yang terlihat membesar. Kids Health menyebut, ukuran perut bayi yang tampak besar, penuh, dan membulat adalah hal yang wajar. Ini terutama setelah bayi menyusu dalam jumlah banyak.

Pasalnya, otot perut bayi masih belum sempurna sehingga dorongan dari dalam perut dapat membuat perut bayi tampak menonjol. Seiring bertambahnya usia, perut bayi yang seperti penuh ini akan mengempis dengan sendirinya sehingga pemakaian gurita tidak diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: