Iklan dempo dalam berita

Bunda, Jangan Biarkan Gigi Bolong Pada si Kecil Terlalu Lama ya! Ini Bahayanya Jika Diabaikan

Bunda, Jangan Biarkan Gigi Bolong Pada si Kecil Terlalu Lama ya! Ini Bahayanya Jika Diabaikan

--

BACA JUGA:6 Manfaat Pinang Muda Bagi Kesahatan, Cegah Gigi Berlubang dan Menambah Energi serta Stamina

3. Sbelum tidur agar mendukung tumbuh kembangnya lebih tepat. Namun, pastikan setelah minum susu di malam hari, si Kecil wajib menyikat gigi sebelum tidur agar tidak ada sisa susu dan makanan lain yang menempel. Sebab, salah satu faktor pemicu gigi berlubang pada anak yaitu kebiasaan minum susu dan langsung tidur tanpa sikat gigi. 

Hal tersebut akan menimbulkan sisa susu yang menempel dan bersarang di gigi. Jika kondisi ini dibiarkan secara terus menerus, maka sisa susu yang menjadi bakteri tersebut akan membentuk plak dan menghasilkan asam yang semakin mengikis lapisan permukaan gigi (lapisan enamel). Kombinasi dari plak dan lapisan enamel yang perlahan mulai hilang ini akan menyebabkan gigi berlubang.

BACA JUGA:Penyebab dan Cara Atasi Sakit Gigi Tak Kunjung Sembuh, Coba 4 Cara Berikut Ini

Gigi berlubang yang tidak dirawat akan semakin meluas hingga mencapai ruang saraf gigi. Akibatnya, timbul rasa nyeri sehingga anak jadi menolak untuk makan dan aktivitas lainnya terganggu.  Terlepas dari penyebabnya, gigi susu yang bolong pada anak jangan dibiarkan terus menerus, karena akan muncul beberapa hal yang tidak baik bagi anak, seperti beberapa masalah di bawah ini:

1. Gigi anak dapat patah

Bahaya gigi berlubang juga bisa memicu gigi patah. Kondisi ini akan muncul apabila lubang pada gigi dibiarkan dalam waktu lama, maka akan memicu gigi keropos dan lambat laun bisa patah. Akibatnya, si Kecil mengalami kesulitan mengunyah makanan dengan sempurna.

Tak hanya itu, gigi berlubang juga bisa menyebabkan jajaran gigi tampak tidak beraturan dan kehitaman. Gigi yang patah bisa membuat posisi gigi lain menjadi bergeser dan berantakan. Kondisi ini kemungkinan bisa membuat si Kecil tidak percaya diri saat bicara atau tersenyum lebar.

BACA JUGA:15 Manfaat Air Garam untuk Kesehatan, Salah Satunya Sembuhkan Sakit Gigi

2. Pembengkakan dan infeksi tubuh

Jika gigi susu anak berlubang sampai saraf dan dibiarkan terus menerus maka bisa menyebabkan pembengkakan pada gusi akibat akumulasi bakteri pada gigi. Jika kesehatan anak sedang menurun, maka pembengkakan sewaktu-waktu dapat meluas dan dapat membahayakan nyawa anak.

BACA JUGA:6 Cara Alami Hilangkan Karang Gigi, Salah Satunya Pakai Daun Sirih, Ini Resepnya

3. Rusaknya calon gigi permanen

Biasanya gigi permanen (gigi tetap) baru mulai tumbuh saat si Kecil berusia 6 tahun. Namun, jika gigi susu si Kecil mengalami masalah dan berlubang, mungkin saja benih gigi permanen (tetap) yang terletak di bagian bawahnya bisa lebih rapuh.  

Akibatnya, gigi permanen si Kecil yang akan lebih sensitif terhadap makanan yang dikonsumsi, lebih rentan terhadap bakteri jahat, dan lebih mudah mengalami karies. Selain itu, gigi permanennya juga bisa berwarna kuning kecokelatan dan tampak tidak sehat. Maka dari itu, penting bagi Ibu untuk selalu menjaga kesehatan rongga mulut si Kecil sejak ia bayi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: