Iklan dempo dalam berita

Jika Ingin Lulus Tes Wawancara Pendamping Lokal Desa 2023, Pelajari Contoh Soal Berikut

Jika Ingin Lulus Tes Wawancara Pendamping Lokal Desa 2023, Pelajari Contoh Soal Berikut

Contoh soal seleksi pendamping lokal desa--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Tes wawancara merupakan salah satu tahapan yang ada pada rekrutmen Pendamping Lokal Desa (PLD) 2023. Untuk siap menghadapi tes tersebut, maka perlu mempelajari contoh soal.

Saat ini, para peserta Pendamping Lokal Desa 2023 tengah menanti pengumuman hasil tes. 

Berdasarkan jadwal rekrutmen PLD 2023, tahapan seleksi wawancara ini dijadwalkan pada awal bulan yakni tanggal 2-4 Desember 2023.

BACA JUGA:Buruan Daftar, Bank Perkreditan Rakyat Buka Lowongan Kerja Terbaru, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Jadi, tes wawancara ini berguna untuk menyeleksi sekaligus mengetahui pengetahuan peserta mengenai PLD dan tugas-tugasnya. Supaya dapat melewati tahapan seleksi ini dengan baik, maka peserta perlu mengetahui contoh pertanyaan yang mungkin akan diajukan dalam tes wawancara.

Contoh Soal Tes Wawancara PLD 2023

1. Apa yang Anda pahami tentang Pendamping Lokal Desa?

 Jawab: Pendamping Lokal Desa adalah jabatan di bawah Kemendesa yang bertugas sebagai pendamping sekaligus fasilitator desa. Tugasnya antara lain memfasilitasi dan mendampingi kegiatan pendataan, upaya percepatan SDGs Desa, mengembangkan ekonomi lokal, meningkatkan partisipasi masyarakat, dan lain sebagainya.

2. Apa yang Anda pahami tentang SDGs Desa dan Indeks Desa Membangun?

Jawab: SDGs adalah singkatan dari Sustainable Development Goals. SDGs  Desa ini berarti upaya terpadu untuk mewujudkan desa yang bebas kemiskinan dan kelaparan, desa yang peduli kesehatan dan lingkungan, desa dengan pertumbuhan ekonomi merata, desa yang peduli pendidikan, ramah perempuan, serta desa tanggap budaya demi percepatan tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan.

BACA JUGA:8 Item Makanan Tradisional yang Dimodifikasi Buat Jajanan Kaum Anak Milenial

Sedangkan Indeks Desa Membangun (IDM) adalah indeks komposit yang terbentuk dari Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi, dan Indeks Ketahanan Ekologi (lingkungan).

Desa yang maju dan mandiri memerlukan kerangka kerja pembangunan berkelanjutan dari aspek sosial, ekonomi, dan ekologi. Indeks Desa Membangun disusun sebagai dukungan terhadap program pemerintah dalam mengentaskan desa tertinggal.

3. Apa yang Anda pahami tentang Badan Usaha Milik Desa?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: