Iklan dempo dalam berita

Peluang Besar Lulus Seleksi Pendamping Lokal Desa 2023, Ini Kisi-kisi dan Contoh Tes Wawancara

Peluang Besar Lulus Seleksi Pendamping Lokal Desa 2023, Ini Kisi-kisi dan Contoh Tes Wawancara

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Tes wawancara Pendamping Lokal Desa (PLD) 2023 bertujuan untuk mengetahui kemampuan para peserta mengenai pengetahuan dan masalah di desa. Sehingga penting bagi Anda untuk memahami kisi-kisi dan contoh soal. Sebab, dengan mengetahui kisi-kisi dan contoh soal, maka peluang lulus menjadi semakin besar.

Dalam prlaksanaannya, tes wawancara juga akan membahas dua materi di antaranya materi teknis dan materi manajerial. Berikut pembahasannya. Sebagaimana diketahui, pelaksanaan tes wawancara Pendamping Lokal Desa 2023 ini akan berlangsung selama dua hari yakni 2 sampai 4 Desember 2023.

BACA JUGA:Jika Ingin Lulus Tes Wawancara Pendamping Lokal Desa 2023, Pelajari Contoh Soal Berikut

Perlu diketahui, Pendamping Lokal Desa merupakan sebuah program yang diinisiasi oleh Kemendesa PDTT. Program ini bertujuan untuk memperkuat pembangunan dan pemberdayaan di tingkat desa dengan menghadirkan sumber daya manusia yang kompeten dan profesional.

Pendamping Lokal Desa memainkan peran penting dalam membantu mengimplementasikan berbagai program pemerintah di tingkat desa dan memastikan bahwa pembangunan dapat berjalan efektif dan efisien.

Kontrak kerja antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan para pendamping lokal desa umumnya berlangsung selama satu tahun anggaran, yaitu dari 1 Januari hingga 31 Desember, dan biasanya diperbaharui setiap tahun.

BACA JUGA:Sudah Dicek? Ini Link Pengumuman Hasil Tes Tulis Pendamping Lokal Desa 2023, Pastikan Namamu Ada

Berikut kisi-kisi tes wawancara Pendamping Lokal Desa 2023, yakni: 

- Materi Teknis

Jadi, materi teknis ini meliputi pengetahuan tentang pembangunan desa, pemerintahan desa, pemberdayaan masyarakat desa, dan SDGs Desa.

- Materi Manajerial

Pada materi ini meliputi kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah, pengambilan keputusan, dan komunikasi.

BACA JUGA:Seperti Ini Tugas Pendamping Lokal Desa yang Jadi Incaran, Cek juga Gaji Per Bulan

Contoh Soal Tes Wawancara PLD 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: