Iklan dempo dalam berita

Peluang Besar Lulus Seleksi Pendamping Lokal Desa 2023, Ini Kisi-kisi dan Contoh Tes Wawancara

Peluang Besar Lulus Seleksi Pendamping Lokal Desa 2023, Ini Kisi-kisi dan Contoh Tes Wawancara

--

Sedangkan Indeks Desa Membangun (IDM) adalah indeks komposit yang terbentuk dari Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi, dan Indeks Ketahanan Ekologi (lingkungan).

Desa yang maju dan mandiri memerlukan kerangka kerja pembangunan berkelanjutan dari aspek sosial, ekonomi, dan ekologi. Indeks Desa Membangun disusun sebagai dukungan terhadap program pemerintah dalam mengentaskan desa tertinggal.

BACA JUGA:Hasil Seleksi Administrasi Sudah Diumumkan, Ini Contoh Soal Tes Tulis Pendamping Lokal Desa 2023

5. Bagaimana cara Anda untuk mengembangkan ekonomi lokal desa?

Jawab: Pada dasarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan, misalnya seperti pendampingan dan pelatihan bisnis terhadap pengusaha lokal. 

Kemudian, pelatihan ini meliputi manajemen bisnis, strategi pemasaran, hingga pengelolaan keuangan.

Untuk cara lainnya yakni menggali dan mengembangkan potensi desa dari segala sisi. Sebagai contoh, mengembangkan potensi pertanian dan pariwisata dengan edukasi digital dan memastikan tersedianya infrastruktur telekomunikasi (akses internet) yang memadai.

Digitalisasi akan memudahkan masyarakat menggali informasi yang dibutuhkan sekaligus mempromosikan potensi daerah sehingga perekonomian desa ikut terangkat.

BACA JUGA:Paling Diincar 2023, Ini Perbandingan Gaji Perangkat Desa, Mitra Statistik BPS dan Pendamping Lokal Desa

6. Bagaimana langkah Anda meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa?

Jawab: Nah, partisipasi hanya terjadi ketika masyarakat memiliki motivasi yang kuat. Dalam hal ini, perlu adanya kerja sama dengan pemerintah desa seperti kepala desa. Pemerintah desa memiliki pengaruh besar dalam memberikan motivasi, mendorong, dan menggerakkan masyarakat.

Sementara, disisi lain perlu adanya edukasi bahwa setiap kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka pembangunan desa juga akan bermanfaat bagi masyarakat. Jadi, pembangunan desa harus dilaksanakan oleh dan untuk rakyat. Itulah beberapa contoh soal tes wawancara pada seleksi PLD 2023 yang dapat dijadikan referensi.

BACA JUGA:Jangan Terlewatkan, Ini Jadwal Tes Tulis Pendamping Lokal Desa 2023, Pelajari Contoh Soal Berikut

Jadwal Rekrutmen PLD 2023 

- Pengumuman rekrutmen: 15-21 November 2023 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: