Iklan dempo dalam berita

Orang Tua Wajib Tahu, Jangan Memarahi Anak pada Waktu Berikut Ini

Orang Tua Wajib Tahu, Jangan Memarahi Anak pada Waktu Berikut Ini

Ada waktu tertentu orang tua tidak boleh marah kepada anak--

Sering dimarahi akan membuat anak selalu melihat sisi negatif dari dirinya. Hal ini mengakibatkan anak memiliki rasa tidak percaya diri untuk melakukan sesuatu. Anak akan cenderung memilih berada di zona nyaman yang tidak akan memicu amarah orang tuanya.

3. Menjadi anak yang tertutup dan pasif

Ketika sering dimarahi, anak akan takut untuk melakukan inisiatif karena menganggap apapun yang mereka lakukan selalu salah. Pada akhirnya mereka akan memutuskan untuk mengikuti semua keputusan dan ucapan oleh orang tua. Jika hal tersebut berlarut, maka akan mengakibatkan kerenggangan dalam hubungan antara anak dan orang tua.  Hubungan yang renggang akan membuat anak menjadi tertutup dan enggan berbagi emosi dengan orang tua.

4. Tumbuh menjadi anak yang pemarah

Salah satu tujuan orang tua memarahi anak adalah supaya mereka bisa mengikuti peraturan dengan baik. Namun, frekuensi marah yang berlebihan justru akan membuat anak jenuh dan ingin memberontak. Bercermin dari kebiasaan orang tua, mereka menganggap bahwa cara untuk menyampaikan pendapat adalah dengan amarah.

BACA JUGA:Walaupun Sayang, Anak Jangan Terlalu Dimanja, Begini Akibatnya jika Terlalu Manja

5. Terganggunya fungsi berpikir

Ketika anak dibentak dan dimarahi, sambungan neuron pada sel otak akan terputus. Maka akibatnya anak akan sulit melakukan perencanaan, kurangnya kreativitas, sulit mengambil keputusan, dan tidak dapat menerima informasi dengan baik. Kerja neuron pun akan terganggu sehingga membuat proses berpikir menjadi lebih lambat.

6. Timbulnya permasalahan fisik

Ketika pikiran sudah dipenuhi berbagai perasaan negatif, lambat laun kesehatan fisik pun akan terganggu. Anak akan merasa mudah khawatir dalam hal apapun. Pada saat ini lah berbagai gejala fisik seperti mual, keringat dingin, diare, daya tubuh melemah, sulit tidur, hingga sulit makan akan menyerang.

Untuk mengatasi ini, anak bisa diberikan vitamin dan suplemen anak yang bermanfaat bagi imunitas mereka.

Jika anak melakukan kesalahan, tegurlah dengan cara yang baik, perhatikan juga waktu dan tempat untuk menegur anak. Berikut waktu- waktu yang harus dihindari ketika ingin menegur anak :

BACA JUGA:Ini 8 Jenis Ras Kucing Termahal di Dunia, Nomor 2 Harganya Mencapai Rp 1,8 Miliar

- Ketika Anak Hendak Tidur

Tidur sangat penting bagi pertumbuhan anak-anak. Memarahi anak menjelang waktu tidurnya bisa membuatnya merasa sulit terlelap akibat merasa cemas, gelisah dan sedih terlalu dalam. Hindarilah  memarahi mereka ketika akan tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: