Iklan dempo dalam berita

Selain Mempercantik Rumah Anda, Beberapa Tanaman Hias Ini Bisa Menjadi Obat Herbal Bermanfaat Bagi Kesehatan

Selain Mempercantik Rumah Anda, Beberapa Tanaman Hias Ini Bisa Menjadi Obat Herbal Bermanfaat Bagi Kesehatan

Selain Mempercantik Rumah Anda, Beberapa Tanaman Hias Ini Bisa Menjadi Obat Herbal Bermanfaat Bagi Kesehatan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Tanaman hias merupakan jenis tumbuhan yang populer sebagai elemen dekoratif di taman, ruangan, maupun pekarangan rumah anda. Namun, beberapa tanaman hias juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa sebagai obat alami untuk kesehatan anda.

Tanaman hias telah menjadi dekorasi populer di banyak rumah. Namun, selain keindahannya, beberapa tanaman hias juga memiliki khasiat obat yang dapat membantu dalam pengobatan alami. Lalu jenis tanaman hias apa saja yang dapat anda gunakan sebagai tanaman herbal? Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa tanaman hias yang dapat dijadikan obat herbal.

BACA JUGA:Tersiksa karena Badan Gatal-gatal, Coba Gunakan Tanaman Herbal Ini Mengatasinya

1. Lidah buaya
Tanaman ini sangat terkenal karena khasiatnya dalam merawat luka bakar dan menghilangkan inflamasi pada kulit anda. Gel atau daging dari lidah buaya ini memiliki sifat penyembuhan dan menenangkan, sehingga sering digunakan dalam produk perawatan kulit bahkan untuk kecantikan.

2. Lavender
Jika anda mengalami masalah tidur dan stres karena masalah yang anda hadapi. Lavender adalah pilihan tepat yang dapat anda tanam dirumah untuk menghilangkan masalah umum dalam kehidupan sehari-hari anda. Dengan menanam lavender di dalam rumah, anda dapat merasakan manfaat aromaterapi yang memicu relaksasi dan membantu anda untuk tidur lebih nyenyak.

BACA JUGA:Cara Mengolah Tanaman Obat Kunyit, Terbukti Ampuh Tuntaskan Problem Kaum Hawa

3. Daun sirih
Tanaman ini sangat dikenal karena mengandung sifat antimikroba dan antivirusnya. Daun sirih sering digunakan sebagai antiseptik alami untuk menyembuhkan luka ringan dan infeksi kulit yang anda alami. Selain itu, kandungan yang terdapat pada daun sirih, juga dapat membantu melawan bakteri penyebab bau mulut.

4. Rosemary 
Selain digunakan sebagai bumbu pelengkap di dapur anda, rosemary juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat anda gunakan sebagai obat herbal alami. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak rosemary dapat membantu meningkatkan memori dan fokus anda menjadi lebih baik.

BACA JUGA:8 Jenis Tanaman untuk Obat Herbal Pengganti Obat Medis, Mayoritas Bumbu Dapur

5. Kemuning
Tanaman hias yang indah ini juga digunakan dalam pengobatan herbal tradisional. Daun kemuning merupakan tanaman obat yang mengandung senyawa aktif yang berfungsi sebagai obat anthelmintic, yaitu golongan obat yang dapat mematikan cacing pada usus manusia atau penyebab cacingan. Daun kemuning ini dapat dikonsumsi untuk mengobati diare dan disentri yang anda alami.

6. Bunga matahari
Selain keindahannya yang mempesona, minyak biji bunga matahari kaya akan asam lemak dan vitamin e. Minyak ini memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu mencegah penuaan dini jika diolah dan digunakan dengan tepat.

BACA JUGA:Tanaman Ini Namanya Serai/Sereh, Selain Obati Sakit dan Nyeri Otot, Ternyata Bisa Untuk Obat Batuk

8. Mint
Daun mint adalah salah satu tanaman hias yang banyak digunakan sebagai obat herbal dikalangan masyarakat. Daun mint ini menghasilkan minyak esensial yang membantu mengatasi masalah pencernaan, meredakan sakit kepala, dan memberikan efek menyegarkan pada napas anda.

8. Chamomile
Salah satu tanaman dengan manfaat sebagai tanaman herbal adalah chamomile, olahan dari teh chamomile telah dikenal sebagai obat herbal yang dapat meredakan kecemasan dan membantu anda untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Tanaman chamomile ini mengandung senyawa yang memiliki sifat antispasmodik dan anti-inflamasi.

Tanaman ini juga merupakan tanaman hias yang dianggap mampu mengatasi gangguan pencernaan dan iritaasi kulit. Alasan chamomile dapat membantu anda untuk tidur nyenyak adalah karena tanaman ini memiliki kandungan antihistamin yang sangat kaut. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan, chamomile, anda dapat mengonsumsi dalam bentuk the.

BACA JUGA:4 Jenis Tanaman Herbal Ini Mampu Obati Jerawat, Begini Cara Pengolahannya

9. Jintan
Jintan dikenal karena memiliki biji-biji yang kaya akan minyak esensial dan serat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan anda. Makanan yang mengandung jintan ini dapat membantu anda untuk meredakan masalah pencernaan, mengurangi gas dalam tubuh, dan meningkatkan nafsu makan anda.

10. Kunyit
Kunyit kunyit merupakan tanaman yang sudah teruji secara ilmiah memiliki banyak manfaat kesehatan. Di antara manfaat tersebut yakni berpotensi mencegah penyakit jantung, alzheimer dan kanker.

BACA JUGA:Tersiksa karena Kolesterol? Sekarang Saatnya Lepas dari Masalah Kolesterol dengan Tanaman Ini

11. Kumis kucing
Daun dari tanaman kumis kucing ini merupakan obat herbal yang sangat berkhasiat untuk kesehatan sebagai diuretik. Dilansir dari beberapa jurnal, kumis kucing ini mengandung antioksidan yang cukup tinggi.

Selain itu, kumis kucing ini sudah sering digunakan sebagai campuran obat herbal karena bersifat anti diabetes dan pelebur batu ginjal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: