Iklan dempo dalam berita

TikTok Shop akan Kembali Dibuka Dalam Waktu Dekat, Bedanya dengan yang Lama Apa?

TikTok Shop akan Kembali Dibuka Dalam Waktu Dekat, Bedanya dengan yang Lama Apa?

TikTok Shop akan Kembali Dibuka Dalam Waktu Dekat--Foto istimewa

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Fitur belanja online yang ditawarkan oleh platform TikTok dikabarkan akan segera dibuka kembali dalam waktu dekat. Namun, tak sedikit pula muncul pertanyaan apa perbedaan yang lama dengan versi baru? 

BACA JUGA:Jangan Panik Bila Habis Kuota dan Pulsa, Solusinya Pakai PayLater Telkomsel, Bayar 30 Hari Kedepan

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak pembahasan berikut ini. Seperti diketahui, TikTok adalah aplikasi berbasis media sosial yang digunakan untuk mengedit dan mengunggah video dengan durasi singkat. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, TikTok menghadirkan berbagai macam fitur menarik termasuk fitur unggulannya yakni belanja bernama TikTok Shop.

BACA JUGA:Gak Ada Uang tapi Tetap Bisa Belanja, Ini Kelebihan dan Kekurangan Shopee Paylater

Jadi, fitur ini diciptakan sebagai salah satu upaya yang dilakukan TikTok untuk menarik minat dan memudahkan para penggunanya. Dengan begitu, TikTok Shop merupakan fitur social e-commerce yang memungkinkan pengguna maupun para kreator mempromosikan dan menjual produk sekaligus melakukan aktivitas belanja.

Jadi berjualan online di TikTok Shop, Anda dapat mendapatkan uang dari TikTok dan meraup keuntungan, mengingat pengguna aplikasi ini juga tengah membeludak.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Kartu Kredit Terbaik, Ada Penawaran Bebas Iuran Tahunan Seumur Hidup

Namun, TikTok Shop resmi ditutup pada Oktober 2023 lalu. Sebab, TikTok Shop sebagai social e-commerce melanggar Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan melalui Sistem Elektronik.

BACA JUGA:Paylater Bank Mandiri Siap Rilis Desember 2023, Cukup Penuhi Syarat Berikut Diberi Limit hingga Rp 20 Juta

Prediksi TikTok Shop yang baru 

Sekarang ini, TikTok memang belum memperkenalkan tampilan TikTok Shop yang baru. Namun, kemungkinan cara kerjanya juga akan berbeda dari yang lama. Bukan tanpa alasan, karena TikTok Shop nantinya akan bekerjasama dengan salah satu e-commerce lokal Indonesia.

BACA JUGA:Promo Bunga 0 Persen Paylater BCA Masih Ada Tahun Depan, Ini Periode Berlakunya

Hal tersebut sempat disinggung oleh Asisten Deputi Pembiayaan dan Investasi UKM, Deputi Bidang UKM, KemenKop UKM, Temmy Satya Permana, mengatakan jika TikTok kemungkinan tidak akan membentuk badan usaha atau PT baru untuk TikTok Shop tersebut.  Bahkan, kabarnya platform media sosial TikTok milik ByteDance telah sepakat untuk berinvestasi di salah satu unit group PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk di Indonesia.

Selain itu, TikTok-GoTo disebut-sebut akan mengumumkan rincian kerja sama tersebut secepatnya pada minggu depan. Dengan begitu, kerja sama dengan TikTok pun juga disebut berpotensi menjadi peluang besar bagi GoTo, kenapa? Karena, perusahaan asal China itu memiliki sekitar 125 juta pengguna di Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: