Iklan dempo dalam berita

PT.KBI BUMN Sedang Buka Lowongan Kerja untuk Posisi Human Resource dan Spesialis Industri Derivatif

PT.KBI BUMN Sedang Buka Lowongan Kerja untuk Posisi Human Resource dan Spesialis Industri Derivatif

PT Kliring Berjangka Indonesia buka lowongan kerja--Foto istimewa

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Pelaksanaan dan penjaminan penyelesaian transaksi atas komoditas dan juga derivatif yang terjadi di Bursa berjangka atau Jakarta Futures Exchange (JFX) merupakan peranan dari PT Kliring Berjangka Indonesia. Namun selain itu, transaksi-transaksi yang dilakukan oleh anggota-anggotanya di luar bursa juga diatur dan dijamin oleh lembaga ini.

BACA JUGA:RANS Entertainment Buka Lowongan Kerja untuk Posisi Creative dan Tax Supervisor

Seperti yang telah dibahas di atas, PT Kliring Berjangka Indonesia merupakan BUMN yang sahamnya secara keseluruhan dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia, lho. Industri perdagangan berjangka di Indonesia dilayani oleh PT KBI yang pada awalnya didirikan pada tanggal 25 Agustus 1984 dengan nama PT Kliring dan Jaminan Bursa Komoditi (KJBK).

Nah, pelayanan registrasi pasar fisik komoditas karet, kopi, dan kuota tekstil dilakukan oleh KJBK.  

Namun, KJBK berganti nama pada tanggal 18 Juni 2001 menjadi PT Kliring Berjangka Indonesia yang memiliki peran sebagai penyelenggara kliring dan juga penjaminan kontrak berjangka Crude Palm Oil (CPO), Kopi, serta Olein.  

BACA JUGA:Lowongan Kerja di PT Trakindo Utama Buka 4 Posisi Menggiurkan, Cek Syarat dan Cara Daftarnya Sekarang

Fungsi dari lembaga ini mengalami perkembangan setelah Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) memberikan izin pada tanggal 4 September 2001. Dengan izin tersebut, KBI menjalankan fungsinya untuk mengatur kliring dan penjaminan, juga penyelesaian dari keseluruhan transaksi kontrak berjangka yang didaftarkan oleh anggota di Bursa Berjangka.

Layanan PT Kliring Berjangka Indonesia harus selalu mengalami perkembangan sesuai dengan kemajuan pasar. Oleh karena itu, KBI juga memperluas pelayanannya pada November 2003 untuk kliring dan juga Penjaminan Penyelesaian Transaksi Bursa/Pasar Komoditi (Fisik) serta Sistem Resi Gudang.  

BACA JUGA:BRI Buka Lowongan Kerja, Posisi Junior Associate Mantri, Segera Daftar

Selain itu, pada tahun 2004, PT KBI memperoleh tugas tambahan di Pasar Lelang Spot-Forward. Transaksi kontrak berjangka derivatif indeks dan juga mata uang asing baik kliring maupun penyelesaian transaksinya menjadi tugas PT KBI juga di tahun 2005, lho. Hal ini diatur berdasarkan keputusan Kepala BAPPEBTI mengenai Sistem Perdagangan Alternatif atau SPA.

Kemudian KBI memiliki peran dalam industri forex karena mendapat tugas sebagai pengelola administrator SPA. Sejarah yang panjang telah dilewati PT KBI ,Saat ini dibuka loker di salah satu BUMN PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) ini di akhir tahun 2023.

BACA JUGA:Bank BNI Kembali Buka Lowongan Kerja Terbaru, Pendaftaran Ditutup 31 Desember 2023, Siapkan Lamaran Terbaikmu

PT KBI tengah membuka lowongan kerja untuk lulusan S1.Posisi yang dibuka PT KBI pada lowongan kerja kali ini adalah Staff Human Resources atau SDM. Periode pendaftaran lowongan kerja ini dibuka hingga Minggu, 10 Desember 2023.

Syarat Pelamar Staff HR atau SDM PT KBI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: