Iklan RBTV Dalam Berita

Cara Menggunakan AC agar Hemat Listrik hingga Dua Kali Lipat, Dijamin Nggak Boros lagi

Cara Menggunakan AC agar Hemat Listrik hingga Dua Kali Lipat, Dijamin Nggak Boros lagi

Cara menggunakan AC agar hemat listrik--

Kompressor dengan jenis inverter dapat menurunkan daya listrik sampai dengan 30% tergantung seringnya dan bagaimana cara anda menggunakan AC tersebut. AC jenis inverter memiliki harga unit yang lebih mahal, namun secara jangka panjang kamu akan balik modal bahkan untung setelah beberapa bulan pemakaian tersebut karena biaya tagihan listrik anda ikut turun.

- Saat Udara Lembab, Gunakan Mode Dry Pada Remote

Ketika musim hujan, udara menjadi lembab. Maka jangan gunakan mode Cool, namun ubah settingan remote menjadi mode dry. Mode dry akan menstabilkan kelembaban udara di ruangan dan menjaga suhu udara diruangan tetap adem. Karena ketika udara lembab, badan akan merasa lebih gerah.

Saat udara sudah menjadi kering, mode dry ini akan secara otomatis berubah menjadi mode meniup angin dingin tanpa menjalankan kompressor sehingga tidak begitu membutuhkan banyak listrik untuk mendinginkan ruangan.

BACA JUGA:Masih Ingat 3 Mobil Sedan Klasik Ini? Harganya Sekarang Rp 50 Jutaan, Selain Hobi juga Bisa untuk Investasi

-  Tidak mematikan AC jika hanya keluar ruangan sebentar 

Beberapa orang berpikir, karena ingin sekali mengirit tagihan listrik, mereka mematikan AC saat keluar ruangan beberapa saat, lalu kemudian menyalakan kembali AC setelah beberapa menit kemudian. Dengan cara ini yang terjadi adalah listrik AC kamu malah akan menjadi lebih boros. 

Hal ini karena, butuh daya yang lebih besar untuk membuat kompressor menyala pertama kali, dibandingkan untuk membuat AC menyala secara konsisten, daya listrik yang dibutuhkan untuk menyalakan kompressor bisa sampai 20-30% lebih besar baru kemudian perlahan terus turun ke batas normal. 

Sebaiknya biarkan saja AC terus menyala diruangan anda, jika anda hanya bepergian keluar 15-30 menit karena kondisi AC yang stabil tidak on off akan membuat tagihan listrik anda justru lebih irit.

- Tidak terlalu sering menggunakan mode powerful

Banyak orang yang tidak sabaran ingin segera cepat dingin menggunakan mode powerful pada remote. Mode ini membuat kompressor dan fan bekerja lebih keras dari kondisi normal dan membuat tagihan listrik anda jadi bengkak.

BACA JUGA:Seperti Ini Keunggulan Pertamax Green 92, BBM Hijau Pertamina yang Sudah Dijual di Jakarta dan Surabaya

Jika sesekali boleh menggunakan mode ini jika memang kamu butuh pendinginan ruangan yang lebih cepat, tapi hati - hati jika kamu menggunakan tipe AC yang mode powerfulnya tidak otomatis ada timernya, karena jika kelupaan maka mode powerful akan terus berjalan dan penggunaan listrik menjadi boros

- Menggunakan Settingan Fan Speed di mode paling rendah atau menggunakan Auto

Rata - rata AC sekarang ini menyediakan pengaturan fan speed ada yang 3 tingkat, dan ada juga yang 5 tingkat. Sebaiknya gunakan fan speed yang paling rendah atau ditengah - tengah saja, karena pengaturan fan speed yang tinggi akan membuat kerja kompressor lebih keras dan menjadi lebih boros.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: