Iklan dempo dalam berita

Berbahaya, Penderita Diabetes Wajib Hindari 9 Makanan Ini Agar Kadar Gula Darah Tetap Aman

Berbahaya, Penderita Diabetes Wajib Hindari  9 Makanan Ini Agar Kadar Gula Darah Tetap Aman

Berbahaya, Penderita Diabetes Wajib Hindari 9 Makanan Ini Agar Kadar Gula Darah Tetap Aman--Foto ilustrasi

5. Roti putih, nasi, atau pasta

Roti putih, nasi, dan pasta adalah makanan tinggi karbohidrat, dan telah terbukti bisa meningkatkan kadar gula darah secara signifikan pada penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Makanan yang berbahaya untuk diabetes ini ikut berimbas dalam menurunkan fungsi otak pada penderita diabetes tipe 2. Supaya lebih aman dan sehat, ganti nasi putih ke nasi merah atau beras organik lainnya, untuk roti pilih jenis roti gandum, dan pasta pilih yang bebas gluten.

6. Madu, sirup agave, dan sirup maple

Sebagian orang mungkin akan mengira kalau madu, sirup agave, dan sirup maple termasuk pemanis alami yang baik untuk penyakit diabetes.

Faktanya, meski sering digunakan sebagai pengganti gula pasir, ternyata ketiga pemanis alami ini justru termasuk ke dalam daftar makanan pantangan untuk penderita diabetes. Ketiganya tetap sama-sama tinggi gula, bahkan total karbohidrat dari pemanis alternatif ini bisa jauh lebih tinggi.

Satu sendok makan gula putih memiliki 12,6 gr glukosa. Namun ternyata, kadar glukosa madu sebesar 17 gr, sirup agave sebesar 16 gr, dan sirup maple sebesar 13 gr. 

7. Lemak trans

Makanan tinggi lemak trans tidak hanya pada gorengan. Lemak tersebut dapat ditemukan pada jeroan, margarin, selai kacang, krimer, kerupuk, serta keripik yang menggunakan pengawet.

Lemak trans memang tidak langsung meningkatkan kadar gula darah tapi meningkatkan resistensi insulin, menambah lemak perut, dan menurunkan kadar kolesterol HDL (baik).

Bagi penderita diabetes, makanan tinggi lemak trans sebaiknya dihindari. Beralihlah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat dari ikan, alpukat, telur, yoghurt.

8. Yoghurt aneka rasa

Yoghurt tanpa rasa atau plain termasuk aman dikonsumsi untuk penderita diabetes, karena kaya lemak sehat dan protein.

Berbeda dengan yoghurt aneka rasa, per porsi sekitar 245 gram bisa mengandung 31 gram gula, yang artinya hampir 61 persen kalorinya berasal dari gula. Yoghurt aneka rasa bisa meningkatkan kadar gula darah sekaligus insulin tubuh, dan berisiko menyebabkan komplikasi diabetes apabila tidak dibatasi.

9. Saus tomat atau saus salad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: