Iklan dempo dalam berita

Bagaimana Cara Atasi Mabuk dalam Perjalanan, Lakukan 4 Cara Metode Pengobatan Tradisional Akupresur Ini

Bagaimana Cara Atasi Mabuk dalam Perjalanan, Lakukan 4 Cara Metode Pengobatan Tradisional Akupresur Ini

Akupresur diyakini bermanfaat untuk mengatasi mabuk perjalanan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Momen Natal dan tahun baru (Nataru) banyak dimanfaatkan masyarakat untuk pergi berlibur. Bahkan sebagian keluarga telah merencanakan liburan hingga keluar kota, menuju tempat- tempat wisata yang lebih menarik.

BACA JUGA:8 Model Kumis Pria yang Disukai Janda, Nomor 6 Bikin Meleleh dan Mabuk Kepayang

Menggunakan transportasi darat dan laut pun merupakan pilihan untuk pergi berliburan yang tentunya dengan pengeluaran lebih ekonomis, selain itu juga bisa menikmati indahnya perjalanan. Namun bagi orang yang sering mengalami Motion Sickness atau biasa dikenal dengan mabuk perjalanan, hal ini merupakan tantangan tersendiri. 

Kondisi mabuk perjalanan cukup mengganggu, apalagi jika bepergian sendirian di tempat umum. Selain karena tidak ada kawan yang bisa menjaga, kondisi ini juga cukup merepotkan. Sehingga semua kebutuhan agar tidak mabuk selama diperjalanan perlu untuk dipersiapkan dengan baik, agar perjalanan dapat lebih nyaman dan menyenangkan.

BACA JUGA:Catat! 144 Penyakit Ini Ditanggung BPJS Kesehatan, Salah Satunya Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan dapat menimbulkan sejumlah keluhan, mulai dari rasa mual, sakit kepala, rasa tidak enak badan, terus-menerus sendawa, hingga muntah. Kondisi ini sebenarnya bisa ditangani dengan obat-obatan. Namun, apabila bagi sebagian orang yang tidak terbiasa menelan obat, tentunya lebih senang mencari cara alami untuk mengatasi mabuk perjalanan. Maka akupresur dapat menjadi pilihannya.

Akupresur adalah metode pengobatan tradisional dengan menekan titik tertentu pada tubuh. Tujuannya adalah untuk melancarkan aliran energi yang terhambat agar tubuh dapat berfungsi kembali dengan normal.

Dari sisi medis, tekanan pada akupresur bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, mengendurkan otot, dan merangsang produksi hormon endorfin yang memberikan rasa rileks. Dengan demikian, tubuh akan terasa lebih nyaman dan tidak mudah mual.

BACA JUGA:4 Cara Supaya Tidak Mabuk Saat Naik Mobil, Jangan Tempel Koyo Lagi, Karena Bukan Solusinya

Berkat manfaat tersebut, akupresur diyakini bermanfaat untuk mengatasi mabuk perjalanan. Beberapa titik yang dapat ditekan adalah sebagai berikut:

1. Titik perut 36 (stomach 36/ST36)

Salah satu titik akupresur yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi mabuk perjalanan adalah titik ST36. Titik ini terletak dibagian kaki, tepatnya di bawah tempurung lutut. Tekanan dan pijatan pada area ini diyakini dapat meredakan keluhan mual.

Untuk mencobanya, ikuti langkah-langkah berikut, titik ST36 terletak pada bagian luar tulang kering. Untuk mecobanya maka duduklah lalu kemudian letakkan tangan kanan di atas lutut kiri. Tekan area kaki yang bersentuhan dengan jari kelingking, jika merasakan adanya benjolan, maka ini adalah tulang kering. Kemudian, tekan area tersebut dengan gerakan memutar, ulangi juga pada kaki sebelah kanan.

BACA JUGA:Sebelum Naik Kapal Laut, Perhatikan Hal-hal Berikut agar Perjalanan Menyenangkan dan Tidak Mabuk Laut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: