Iklan dempo dalam berita

Indonesia Kaya, Ada 11 Suku yang Paling Terkenal, Kamu Masuk Suku Mana?

Indonesia Kaya, Ada 11 Suku yang Paling Terkenal, Kamu Masuk Suku Mana?

11 suku di Indonesia yang paling terkenal--

Suku Sunda banyak mendiami wilayah Jawa Barat. Populasinya mencapai 15,5% dari penduduk di Indonesia. Suku Sunda merupakan suku bangsa kedua terbesar di Indonesia setelah suku Jawa. 

Suku Sunda memiliki beragam tari tradisional khas. Beberapa di antaranya populer di Indonesia, yakni Tari Jaipong, Tari Topeng, dan Tari Rampak Rendang.

Selain suku Sunda juga memiliki ciri khas pada alat musik tradisionalnya yang terbuat dari bambu yang bernama Angklung. Alat musik ini bahkan terkenal sampai ke mancanegara.

BACA JUGA:Rezeki Itu Ada Rahasianya, Kerjakan Amalan Berikut Sebelum Tidur, InsyaAllah Pintu Rezeki Terbuka

10. Suku Batak

Suku Batak merupakan suku bangsa yang mendiami wilayah Sumatera Utara. Suku Batak memiliki sub suku yaitu Suku Batak Mandailing, Batak Toba, Batak Tapanuli, Batak Angkola Karo, dan lain-lain. Suku Batak memiliki populasi 3,6% dan merupakan suku bangsa ketiga terbesar di Indonesia. 

Ciri khas Suku Batak adalah amat menjunjung tinggi nama keluarga atau marga. Ini akan menjadi penanda asal silsilah keluarga.

11. Suku Melayu

Suku Melayu dikenal sebagai salah satu suku yang berasal dari kawasan Provinsi Bangka Belitung selain dari pada suku-suku lainnya, seperti halnya suku Jawa, Bugis, Sunda, Banten, Madura, Banjar, Minang, Palembang, Flores, Aceh, Manado, serta Maluku.

Sementara itu, suku Melayu memiliki nama yang berasal dari kerajaan Malaya yang mana kerajaan tersebut dikenal sebagai salah satu kerajaan di kawasan tersebut lebih tepatnya sekitar Sungai Batang Hari.

BACA JUGA:Bentuknya Unik dan Rasanya Lezat, Ini Sejarah Cromboloni alias Pastri Prancis yang Lagi Viral

Itulah beberapa jenis suku yang perlu diketahui jenis keragamannya, selain itu masih ada begitu banyak jenis suku yang ada di Indonesia.

 

Putri Nurhidayati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: