Iklan dempo dalam berita

Indonesia Kaya, Ada 11 Suku yang Paling Terkenal, Kamu Masuk Suku Mana?

Indonesia Kaya, Ada 11 Suku yang Paling Terkenal, Kamu Masuk Suku Mana?

11 suku di Indonesia yang paling terkenal--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Indonesia memiliki banyak ragam suku dan bahasa. Masing-masing suku juga memiliki ciri khas dan karakteristik yang berbeda yang membuatnya menjadi unik.

Secara garis besar suku dapat didefinisikan sebagai identitas seseorang yang didasarkan pada kebudayaan dan tradisi yang berkembang di lingkungan tempat tinggalnya. 

Di Indonesia jumlah suku bangsa sangat banyak. Berdasarkan hasil Sensus Penduduk yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, jumlah suku bangsa yang di Indonesia mencapai 1331 (BPS, 2010). 

BACA JUGA:Kaum Hawa Hati-hati, Begini Cara Memastikan Tidak Ada Kamera Tersembunyi di Kamar Mandi dan Kamar Ganti

Namun, tidak semua orang mengetahui jenis ragam suku yang ada di Indonesia, berikut ini beberapa suku yang ada di Indonesia:

1. Suku Jawa

Suku Jawa juga memiliki populasi terbesar di Indonesia. Jumlahnya mencapai 40,2% dari penduduk di Indonesia. Suku Jawa ini tersebar di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. 

Karakteristik orang Suku Jawa adalah lemah lembut, pemalu, sopan. Suku Jawa identik dengan batik dan musik-musik yang bernada mendayu.

2. Suku Bugis

Suku Bugis merupakan salah satu suku di Indonesia yang berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan, namun saat ini juga telah menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia, seperti Papua, Jakarta, Kalimantan, hingga Riau. 

BACA JUGA:Gak Perlu Perawatan Mahal, Cukup Gunakan Lidah Buaya Atasi Rambut Rontok, Dijamin Rambut Lebat dan Kuat

Suku Bugis memiliki populasi 2,7% dari populasi penduduk Indonesia. Suku Bugis mendiami provinsi Sulawesi Selatan. 

Suku ini tergolong ke dalam suku-suku Deutero Melayu (Melayu muda). Disamping itu, masyarakat Bugis juga bisa ditemukan di Malaysia dan Singapura. 

Ciri khas dari Suku Bugis adalah penggunaan pakaian adat yang bernama baju Bodo. Baju ini terbuat dari bahan kain Muslin yang memiliki rongga dan jarak benang yang renggang. Ini membuat baju Bodo terlihat transparan sehingga cocok dikenakan di daerah tropis dan daerah-daerah yang beriklim panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: