Iklan dempo dalam berita

Indonesia Kaya, Ada 11 Suku yang Paling Terkenal, Kamu Masuk Suku Mana?

Indonesia Kaya, Ada 11 Suku yang Paling Terkenal, Kamu Masuk Suku Mana?

11 suku di Indonesia yang paling terkenal--

Rumah Gadang adalah rumah adat suku Minangkabau yang juga memiliki sebutan lain, rumah Gadang, rumah Bagonjong, dan rumah Baanjuang. Rumah adat ini merupakan rumah model panggung yang berukuran besar dengan bentuk persegi panjang. 

Adat dalam suku Minang, salah satunya adalah Adat Nan Sabana Adat yang merupakan ketentuan hukum, sifat yang terdapat pada alam benda, flora dan fauna, maupun manusia sebagai ciptaan-Nya (Sunnatullah). 

Adat Nan Sabana Adat adalah sebagai sumber hukum Adat Minangkabau dalam menata masyarakat dalam segala hal.

7. Suku Ambon

Suku Ambon merupakan suku bangsa yang mendiami wilayah Maluku. Suku ini sangat erat kesehariannya dengan kegiatan melaut karena letak geografis Maluku yang dekat dengan wilayah lautan. 

Suku Ambon memiliki ciri khas pada alat musik tradisionalnya yang bernama Tifa. Alat musik ini memiliki kemiripan dengan gendang yang dimainkan dengan cara dipukul.

8. Suku Baduy

Suku Baduy adalah sebuah suku yang hidup di pedalaman Banten, hidup secara terisolasi dari dunia luar khususnya masyarakat Baduy Dalam yang hidup secara sederhana dan menyatu dengan alam. 

BACA JUGA:Primbon Jawa Ungkap 11 Arti Hewan Masuk Rumah, Salah Satunya Pertanda Rezeki

Suku Baduy memang terbagi menjadi dua kelompok besar yaitu Baduy Dalam dan Baduy Luar. Dua kelompok ini memiliki perbedaan terutama dalam hal berpakaian.

Baduy Dalam merupakan kelompok masyarakat Baduy yang sangat teguh memegang adat istiadat leluhur. Mereka sangat menolak teknologi dan modernisasi, sehingga kehidupannya masih tradisional. 

Masyarakat Baduy Dalam umumnya memakai pakaian berwarna putih yang ditenun sendiri. Warna putih melambangkan kesucian. 

Sementara Suku Baduy Luar lebih terbuka dengan pendatang, meskipun masih menjunjung tinggi adat istiadat yang ada. Masyarakat Baduy Luar beberapa sudah menggunakan barang-barang modern seperti kasur, bantal, dan beberapa alat elektronik. 

Pakaian tenun berwarna serba hitam menjadi penanda masyarakat Baduy Luar. Letak suku Baduy sendiri ada di kaki pegunungan Kendeng di desa Kanekes.

9. Suku Sunda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: