Iklan dempo dalam berita

Indonesia Kaya, Ada 11 Suku yang Paling Terkenal, Kamu Masuk Suku Mana?

Indonesia Kaya, Ada 11 Suku yang Paling Terkenal, Kamu Masuk Suku Mana?

11 suku di Indonesia yang paling terkenal--

BACA JUGA:Lagi Viral, Ini Rekomendasi 4 Jenis Kue Pastri Asal Prancis Cocok Menu Kumpul Keluarga

Saat ini, terhitung jumlah masyarakat Dayak sekitar 1,27% dari total penduduk Indonesia secara keseluruhan.

Rumah Adat Suku Dayak bernama Rumah Betang yang memiliki bentuk memanjang. Selain itu, Suku Dayak termasuk suku yang masih menjaga adat dan budayanya hingga saat ini seperti gemar memakai manik-manik, tato, dan juga upacara-upacara adat yang berbau mistis.

5. Suku Betawi

Suku Betawi sebagai suku yang masyarakatnya merupakan keturunan dari penduduk yang bermukim di Batavia sejak abad ke-17 dan merupakan hasil perkawinan darah campuran dari aneka suku bangsa yang didatangkan oleh Belanda ke Batavia.

Suku Betawi dikenal dengan ondel-ondelnya yang sangat populer. Suku Betawi juga turut disebut sebagai penghuni asli wilayah Jakarta. 

Meski demikian masyarakat Betawi tersebar di daerah lainnya, seperti Bogor dan sekitarnya. Bahasa Betawi merupakan bahasa kreol yang didasarkan pada bahasa Melayu Pasar ditambah dengan unsur-unsur bahasa Sunda, bahasa Bali, bahasa dari Cina Selatan (terutama Bahasa Hokkian), bahasa Arab, serta bahasa dari Eropa, terutama bahasa Belanda dan bahasa Portugis.

BACA JUGA:Beli Bantal Gak Bisa Sembarang, Coba 4 Panduan dan 4 Jenis Isi Bantal Ini Supaya Tidur Anda Berkualitas

Karena berkembang secara alami, tidak ada struktur baku yang jelas dari bahasa ini yang membedakannya dari bahasa Melayu, meskipun ada beberapa unsur linguistik pembeda misalnya dari peluruhan awalan me-, penggunaan akhiran-in (pengaruh bahasa Bali), serta peralihan bunyi /a/ terbuka di akhir kata menjadi /e/ atau /ɛ/ pada beberapa dialek lokal.

6. Suku Minangkabau

Suku di Indonesia selanjutnya adalah suku Minang yang merupakan salah satu etnis terbesar di Indonesia dengan jumlah kurang lebih 2,73% dari total masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

Berasal dari Sumatera Barat, orang Minang juga kerap disamakan dengan orang Padang, karena Padang merupakan ibukota dari Provinsi Sumatera Barat. 

Meski begitu, masyarakat Minang justru menyebut kelompok etnis mereka dengan sebutan urang awak, yang merujuk pada orang Minang itu sendiri.

Pada kebudayaan Minang, suku bisa diartikan sebagai klan atau juga sebagai marga atau nama keluarga yang turun atau diambil dari garis keturunan Ibu yang disebut Matrilineal. 

BACA JUGA:BRI Buka Lowongan Kerja Tawarkan Posisi Mentereng, Ini Syarat dan Wilayah Penempatannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: