Iklan dempo dalam berita

Baterai Adalah Nyawa Utama Kendaraan Listrik, Ada 7 Cara Merawat Baterai Agar Kendaraan Listrik Anda Awet

Baterai Adalah Nyawa Utama Kendaraan Listrik, Ada 7 Cara Merawat Baterai Agar Kendaraan Listrik Anda Awet

Cara merawat baterai motor listrik--

BACA JUGA:Bagaimana Keluar dari Mobil Ketika Situasi Darurat, Jangan Panik, Gunakan 2 Langkah Berikut Ini

- Baterai Lead Acid (Asam Timbal)

Ini adalah alternatif baterai yang ekonomis. Harganya paling murah dibandingkan jenis baterai lainnya. Karakteristik utama dari baterai ini yaitu ukurannya yang relatif kecil, mirip seperti aki motor. Tetapi jangan salah, berat dari baterai ini cukup besar.

Seringkali bobot tersebut membebani daya tarik motor. Bagaimana tidak? Baterai Alva One yang semulanya mempunyai berat 18 kg dengan kapasitas 60 volt, bisa berubah menjadi sebesar 53 kg dengan kapasitas yang sama setelah diubah menjadi baterai asam timbal.

Karena hal itulah kebanyakan jasa bengkel tidak menyarankan baterai ini kepada orang yang mau mengubah motor konvensional menjadi motor listrik. Apalagi faktanya bahwa baterai ini terbilang boros.

BACA JUGA:Buat Pemula Jangan Panik Ketika Setir Mobil Anda Terkunci, Ikuti 3 Cara Anti Ribet dan Gampang Berikut

-Baterai Nikel Kadmiuum

Baterai yang sempat menjadi perdebatan terkait penggunaannya dalam sistem kelistrikan motor ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Daya tahannya merupakan yang terkuat dibandingkan baterai jenis lainnya, makanya bisa digunakan dalam jangka waktu bertahun-tahun.

Itu adalah kapasitas yang lebih tinggi daripada baterai asam timbal dan lithium ion. Di sisi lain, cadangan daya baterai terkadang berkurang secara sendirinya. Bahkan baterai bisa kehilangan daya sebesar 70% hanya dalam waktu 24 jam.

Hal ini disebabkan oleh rendahnya kepadatan dari baterai nikel kadmium, makanya banyak produsen motor listrik yang ragu jika menempatkannya pada kendaraan yang diproduksi.

Terlebih lagi, baterai nikel mengandung sejumlah logam yang berbahaya untuk lingkungan. Proses daur ulang pun tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

BACA JUGA:Daripada Keluar Uang Banyak, Begini Cara Merawat AC Mobil agar Tetap Awet

- Baterai Nikel Metal

Jenis baterai motor listrik bisa bekerja berkat komposisi kimia yang terdapat di dalamnya. Dari namanya bisa diketahui bahwa baterai ini terbuat  dari campuran hidrogen, nikel dan logam lain. Komposisi tersebut membuat ion hidrogen lebih terjaga kekuatannya.

Bahkan daya tahannya disebut-sebut salah satu yang paling unggul di antara baterai lainnya. Akan tetapi, baterai ini mempunyai sedikit kekurangan, yaitu harganya masih tergolong mahal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: