Iklan dempo dalam berita

Benarkah 4 Suku Pedalaman Indonesia Ini Konon Dulunya Menganut Kanibalisme

Benarkah 4 Suku Pedalaman Indonesia Ini Konon Dulunya Menganut Kanibalisme

suku yang pernah mempraktikkan kanibalisme--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Kanibal merupakan perbuatan manusia yang memakan sesamanya sendiri. Perbuatan mengerikan tersebut tentunya mengundang rasa ngeri dan menjijikan bagi banyak orang. Namun, di Indonesia sendiri masih ada sejumlah suku yang pernah mempraktikan kanibalisme bahkan beberapa masih melakukan praktik tersebut hingga saat ini.

BACA JUGA:Menolak Kemajuan Zaman, 13 Suku di Indonesia Masih Tinggal di Hutan, Ada yang Tinggal di Atas Pohon

Biasanya orang- orang yang melakukan itu adalah orang- orang dari suku pedalaman. Para anggota suku melakukannya sebagai kegiatan turun menurun dari nenek moyang mereka. Suku kanibal yang ada di Indonesia ternyata tersebar mulai dari pulau Sumatera sampai Papua. Mereka memiliki alasan sendiri kenapa mereka menjadi kanibal. Alasan mereka antaranya adalah untuk kesehatan, untuk sebuah ritual, dan juga sebagai kekuatan. 

Zaman dahulu saat menang dalam peperangan mereka akan bersama-sama makan daging musuhnya sendiri, mereka akan memakan tubuh manusia itu pada saat ritual dilakukan. Hal tersebut sebenarnya sudah dilarang oleh pemerintah, namun, meski sudah dilarang oleh pemerintah, tetap saja mereka masih mengonsumsi daging manusia. 

BACA JUGA:Indonesia Kaya, Ada 11 Suku yang Paling Terkenal, Kamu Masuk Suku Mana?

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini merupakan sejumlah suku di Indonesia yang masih memiliki sejumlah tradisi kanibal :

1. Suku Asmat

Salah satu suku di Papua Nugini yakni Suku Asmat memiliki reputasi sebagai kanibal. Mereka tidak segan-segan membunuh musuh dan memakan dagingnya. Mereka juga akan memburu seseorang yang namanya mirip seperti orang yang telah di bunuh. 

Setiap musuh yang dibunuh, kepalanya dijadikan pesta makan beramai-ramai. Untuk menyiapkan kepala musuh untuk dikonsumsi, para laki-laki suku Asmat akan mengikis kulitnya meninggalkan tengkorak berdaging yang kemudian dipanggang dalam peralatan semacam oven. Ritual mengerikan itu dipamerkan sebagai pertunjukan dominasi dan menakuti suku lain. 

Bagian tubuh yang dimutilasi juga digunakan selama upacara kedewasaan suku tersebut, di mana itu akan ditempatkan di antara paha seorang anak laki-laki karena dianggap kekuatan orang yang sudah meninggal itu dapat diteruskan. Setelah dimodifikasi dan didekorasi sesuai dengan tradisi, tengkorak-tengkorak musuh menjadi ornamen dan akan dibanggakan sebagai pajangan di rumah-rumah panjang suku Asmat. 

Mereka juga akan menempatkan tengkorak di bawah kepala mereka seperti bantal atau membelahnya menjadi dua dan menggunakannya sebagai mangkuk untuk diet rutin mereka dari otak hewan dan cacing sagu. Namun, praktik barbar dihentikan selama tahun 1980-an. 

BACA JUGA:Cocok untuk Perbaikan Keturunan, 5 Suku Ini Terkenal Penghasil Wanita Cantik

2. Suku Korowai

Suku kanibal di Indonesia selanjutnya adalah Suku Korowai. Dahulu suku ini terletak di dataran rendah di sebelah selatan Papua. Suku yang hidupnya berpindah-pindah tempat (nomaden) ini sudah ada dari 10.000 tahun lamanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: