Iklan dempo dalam berita

Waktu yang Ideal untuk Jalan Kaki Agar Manfaatnya Lebih Maksimal? Ini Penjelasannya

Waktu yang Ideal untuk Jalan Kaki Agar Manfaatnya Lebih Maksimal? Ini Penjelasannya

Waktu yang Ideal untuk Jalan Kaki Agar Manfaatnya Lebih Maksimal? Ini Penjelasannya--Foto: ist

Bahkan, jalan kaki dianggap sebagai cara meningkatkan energi yang lebih efektif dibandingkan dengan minum kopi.

3. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis disebabkan oleh pengeroposan tulang sehingga tulang menjadi rapuh dan lebih mudah patah. Untuk mencegah osteoporosis, Anda dapat mencoba berjalan kaki secara rutin setiap hari. Manfaat jalan kaki untuk kesehatan tulang ini juga bisa Anda kombinasikan dengan aktivitas lain, seperti hiking dan joging.

4. Memperkuat daya tahan tubuh

Jalan kaki secara rutin juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit infeksi. Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang berjalan kaki selama 30–45 menit setiap harinya akan lebih jarang sakit dibandingkan dengan mereka yang tidak berjalan kaki.

BACA JUGA:Cukup Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari, Dapatkan 10 Manfaat Luar Biasa Bagi Kesehatan

5. Mengurangi stres

Rutin berjalan kaki dapat mengurangi dan mencegah stres. Ketika berjalan kaki atau melakukan aktivitas fisik lainnya, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati serta mengurangi rasa cemas dan depresi. Selain itu, jalan kaki juga membuat tidur jadi lebih nyenyak.

6. Mencegah diabetes tipe 2

Risiko terkena penyakit diabetes tipe 2 dapat menurun jika Anda rutin melakukan aktivitas fisik, termasuk jalan kaki. Olahraga ini dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin sehingga tubuh dapat menggunakan glukosa dengan lebih efisien. Aktivitas ini juga baik dilakukan dengan rutin untuk menjaga gula darah penderita diabetes tetap stabil.

8. Mencegah serangan jantung

Jalan kaki bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menjaga kestabilan tekanan darah sehingga risiko terjadinya serangan jantung maupun penyakit jantung yang lain menjadi lebih rendah. Selain itu, aktivitas ini juga dapat meningkatkan denyut jantung, sirkulasi darah di dalam tubuh, serta memperkuat jantung.

 

(Tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: